PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATA KULIAH MANAJEMEN KURIKULUM DI PROGRAM STUDI ADMINISTRASI PUBLIK
Keywords:
Metode, Pembelajaran Berbasis MasalahAbstract
Karakteristik mahasiswa program studi administrasi publik sangat beragam baik dilihat dari kelompok jenis kelamin, aspek sosial, budaya, dan lingkungan belajarnya. Adanya perbedaan individu tersebut mengandung arti bahwa kegiatan pembelajaran perlu memperhatikan aspek perbedaan individu dengan membangun suasana belajar yang dapat melayani keragaman kemampuan individu. Konsepsi tentang pembelajaran dan metode pembelajaran berbasis masalah menjadi dasar pijakan teoritis yang digunakan dalam riset ini. Pendekatan penelitian menggunakan kualitatif dengan metode studi kasus. Jumlah responden yang diambil sebanyak 49 responden dari mahasiswa yang mengontrak mata kuliah manajemen kurikulum yang berasal dari angkatan 2015 dan angkatan tahun 2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Kondisi awal pembelajaran sebelum diterapkan PBL mahasiswa menunjukkan rendahnya peran aktif dalam pembelajaran, hal ini ditunjukkan dengan diperoleh nilai dibawah standar berjumlah 40 mahasiswa dari 49 mahasiswa atau 82 %. Rendahnya hasil belajar merupakan dampak dari rendahnya persentase yang berperan aktif dalam pembelajaran. 2) Penerapan pendekatan PBL diawali dengan tahapan perencanaan (identifikasi masalah, desain masalah/skenario pembelajaran berdasarkan kontekstual), tahapan pelaksanaan/proses PBL dengan langkah-langkah (a) menemukan masalah, (b) mendefinisikan masalah, (c) mengumpulkan fakta-fakta, (d) menyusun dugaan sementara, (e) menyelidiki, (f) menyempurnakan permasalahan, (g) menyimpulkan alternatif-alternatif pemecahan secara kolaboratif, (h) menguji solusi permasalahan. Tahapan penilaian dalam pembelajaran problem based learning dilakukan terhadap proses dan hasil pembelajaran dalam siklus yang berulang-ulang. 3)Hasil yang diperoleh sebelum dan sesudah diterapkan PBL menunjukan peningkatan yang lebih baik dilihat dari aspek keaktifan mahasiswa, kemandirian mahasiswa, prestasi dan motivasi belajar mahasiswa, dan hasil pengamatan mampu menciptakan iklim pembelajaran yang aktif.References
Mubah, A. Safril. (2010). Perkembangan Proses Globalisasi. Paper Cakra Studi Global-Strategis.
Yuniarto, Paulus Rudolf. (2014), Jurnal Kajian Wilayah, Vol. 5, No. 1, 2014, Hal. 67-95: Masalah Globalisasi di Indonesia: Antara Kepentingan, Kebijakan, dan Tantangan. Jakarta ; LIPI.
Fatimah, F. (2012). Kemampuan komunikasi matematis dan pemecahan masalah melalui problem based-learning. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 16(1), 249-259.
Wulandari, B., & Surjono, H. D. (2013). Pengaruh problem-based learning terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2).
Danial, M. (2012). Pengaruh Strategi PBL Terhadap Keterampilan Metakognisi dan Respon Mahasiswa. CHEMICA, 11(2).
Fakhriyah, F. (2014). Penerapan Problem Based Learning dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1).
Dwijananti, P., & Yulianti, D. (2010). Pengembangan kemampuan berpikir kritis mahasiswa melalui pembelajaran problem based instruction pada mata kuliah fisika lingkungan. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(2).
Situmorang, A. S. (2014). Desain Model Pembelajaran Based Learning Dalam Peningkatan Kemampuan Konsep Mahasiswa Semester Tiga Jurusan Pendidikan Matematika FKIP-UHN Medan. JURNAL SULUH PENDIDIKAN.
Rogers, C. R. (1969). Freedom to leam. Columbus, OH: Merrill.
Hafis Muaddab(2011) Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) [Online]. Tersedia di : http://hafismuaddab.wordpress.com/2011/06/07/model-pembelajaran-berbasis-masalah-problem-based learning [akses 7 Juni 2011]
Susento dan M. Andy Rudhito. (2009) Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah, [Online]. Tersedia : http://warungpendidikan.blogspot.com/2009/01/pendekatan-pembelajaran-berbasis_24.html [akses: 17 April 2011]
Lidinillah, D. A. M. (2013). Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). Jurnal Pendidikan Inovatif.
Lestari, N. N. S. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problembased Learning) Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika Bagi Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 1(2).
Setiawan, D., & Susilo, H. (2015). Peningkatan Keterampilan Metakognitif Mahasiswa Program Studi Biologi melalui Penerapan Jurnal Belajar dengan Strategi Jigsaw dipadu PBL Berbasis Lesson Study Pada Matakuliah Biologi Umum. In Disajikan dalam Seminar Nasional Pendidikan Biologi: Peran Biologi dan Pendidikan Biologi dalam Menyiapkan Generasi Unggul dan Berdaya Saing Global, Pusat Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang, Malang (Vol. 21).
Fatimah, F. (2012). Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Statistika Elementer melalui Problem Based-Learning. Cakrawala Pendidikan, (2).
Munawaroh, R., Subali, B., & Sopyan, A. (2012). Penerapan Model Project Based Learning Dan Kooperatif Untuk Membangun Empat Pilar Pembelajaran Siswa SMP. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 1(1).
Purnomo, E. A., & Mawarsari, V. D. (2014). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah melalui model pembelajaran ideal problem solving berbasis project based learning. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 1(1).
Hutasuhut, S. (2012). Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mata Kuliah Pengantar Ekonomi Pembangunan Pada jurusan Manajemen FE UNIMED. PEKBIS (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis), 2(01).
Rais, M. (2010). Model Project Based-Learning Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 43(3).
Yasa, Doantara. (2008). Aktivitas Prestasi Belajar [Online]. Tersedia: http://ipotes.wordpress.com/2008/05/25/prestasi-belajar/ . [akses: 17 April 2011].
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Pelita : Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah this site and metadata is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License