DAMPAK GAME ONLINE TERHADAP PRESTASI PESERTA DIDIK DI ERA SOCIETY 5.0

Authors

  • Hesti Pramitasari Universiras Negeri Malang
  • Aulia Nafa Ardien
  • Shinta Dea Noviana
  • Siti Mas'ula

DOI:

https://doi.org/10.33592/pelita.v23i1.3031

Abstract

Secara gamblang dan utuh menampilkan seluruh esensi tulisan; terdiri dari satu paragraph Penelitian artikel ini berisikan tentang dampak game online terhadap prestasi belajar siswa di era Society 5.0. Game online merupakan suatu wadah bermain yang sangat digemari remaja milenial, contohnya seperti PUBG,Mobile Legend, Free Fire dan game online lainnya. Dimana game online sendiri mempunyai beberapa daya tarik tersendiri yang membuat remaja lebih memilih bermain game daripada belajar. Penelitian ini menggunakan metode wawancara dan angket atau kuesioner yang dibagikan di kalangan murid tingkat Sekolah Dasar kelas V dan VI, dengan jumlah 6 butir soalDari hasil penelitian yang telah peneliti temukan ada faktor-faktor penyebab game online lebih disukai daripada belajar, salah satunya game online lebih menarik daripada pelajaran di sekolah, bahkan peserta didik sering mencuri waktu saat pelajaran untuk bermain game. Dampaknya bagi peserta didik tersebut yaitu penurunan prestasi serta kecenderungan minat belajar yang menurun. Untuk mengatasi kecanduan bermain game online yaitu melalui peran aktif orang tua dalam mengontrol kegiatan peserta didik di rumah, salah satunya memberikan batasan waktu anak dalam bermain game online

References

Kustiawan, A. A., Or, M., Utomo, A. W. B., & Or, M. (2019). Jangan Suka Game Online: Pengaruh Game Online dan Tindakan Pencegahan. CV. AE MEDIA GRAFIKA.
Rahyuni, R., Yunus, M., & Hamid, S. (2021). Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Siswa SD Kecamatan Pammana Kabupaten Wajo. Bosowa Journal of Education, 1(2), 65-70.
Fauzi, A. (2019). Pengaruh game online PUBG (Player Unknown’s Battle Ground) terhadap prestasi belajar peserta didik. ScienceEdu: Jurnal Pendidikan IPA, 2(1), 61-66.
NISRINAFATIN, Nisrinafatin. Pengaruh game online terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Edukasi Nonformal, 2020, 1.1: 135-142.
Johan, R. (2019). Pengaruh Game Online Terhadap Minat Untuk Belajar Peserta Didik Kelas X Di Ma Al Hidayah Depok. Research and Development Journal of Education, 5(2), 12-25.
Fauzi, A. (2019). Pengaruh game online PUBG (Player Unknown’s Battle Ground) terhadap prestasi belajar peserta didik. Scien

Published

2023-06-23

How to Cite

Pramitasari, H., Ardien, A. N., Noviana, S. D., & Mas’ula, S. (2023). DAMPAK GAME ONLINE TERHADAP PRESTASI PESERTA DIDIK DI ERA SOCIETY 5.0. Pelita : Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 23(1), 61–66. https://doi.org/10.33592/pelita.v23i1.3031