ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI SEGIEMPAT
Abstract
Representasi adalah bentuk interpretasi pemikiran siswa terhadap suatu masalah. Setiap siswa berbeda-beda dalam merepresentasikan pemikiran mereka dikarenakan setiap orang memiliki kemampuan otak yang berbeda-beda dalam menyerap, mengelola, dan menyampaikan informasinya sehingga cara individu dalam belajarpun berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan representasi matematis siswa SMP Kota Bekasi dalam menyelesaikan soal pada materi segiempat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian sebanyak lima soal yang mengacu pada indikator kemampuan representasi matematis. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Kota Bekasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memiliki berbagai macam bentuk representasi dari persoalan yang disajikan. Jadi kesimpulannya yaitu representsi matematis merupakan salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki siswa. Instruksi soal yang diberikan kepada siswa mempengaruhi pemahaman siswa untuk merepresentasikan persoalan. Pada penelitian ini kemampuan representasi siswa masih dalam kategori kurang. Maka pemberian model pembelajaran yang mendukung kesempatan siswa untuk merepresentasikan sendiri hasil pemikirannya dan dilakukan secara konsisten dapat mendorong kemampuan representasi siswa.
Keyword: Kemampuan Representasi Matematis, Segiempat, Kualitatif Deskriptif
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Pelita : Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah this site and metadata is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License