PERKEMBANGAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DITINJAU DARI KONSEP DAN PERMASALAHAN GLOBAL

Authors

  • Rizal Fahmi universitas islam syekh-yusuf
  • Hudaya Latuconsina universitas islam syekh-yusuf
  • Djamaludin Djamaludin universitas islam syekh-yusuf
  • Sri Jaya Lesmana universitas islam syekh-yusuf

DOI:

https://doi.org/10.33592/pelita.v24i1.5080

Abstract

Pengaturan sejarah, ideologis, hukum, dan sosial berdampak pada bagaimana gagasan kewarganegaraan telah berkembang di berbagai negara. Di seluruh dunia, konsep dan teori tentang kewarganegaraan dan pendidikan kewarganegaraan telah berkembang sebagai tanggapan terhadap tantangan kewarganegaraan di seluruh dunia ini. Meskipun demikian, meskipun rintangannya hampir sama, mempelajari kewarganegaraan sebenarnya memiliki arti yang berbeda di setiap negara. Dari sudut sosial, politik, dan hukum, perbedaan ini jelas. Negara yang berbeda memiliki konsepsi pendidikan kewarganegaraan yang berbeda. Ditemukan bahwa beberapa individu menyebut pendidikan kewarganegaraan selama pelaksanaan pendidikan kewarganegaraan di Asia dan Pasifik sebagai pendidikan kewarganegaraan, yang meliputi studi tentang pemerintah, konstitusi, aturan hukum, serta hak dan kewajiban warga negara. Yang lain menyebut pendidikan kewarganegaraan sebagai “pendidikan kewarganegaraan,” dengan fokus dan ruang lingkup studi yang mencakup proses demokrasi, keterlibatan kewarganegaraan, dan keterlibatan dalam masyarakat sipil.

Published

2024-08-22

How to Cite

Fahmi, R. ., Latuconsina, H., Djamaludin, D., & Lesmana, S. J. (2024). PERKEMBANGAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DITINJAU DARI KONSEP DAN PERMASALAHAN GLOBAL . Pelita : Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 24(1), 100–109. https://doi.org/10.33592/pelita.v24i1.5080