PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SENI SEBAGAI MEDIA DAKWAH DIKALANGAN MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Media Pembelajaran Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.33592/pelita.v24i2.5137Abstract
Hakekat dakwah Islam adalah ajakan atau seruan menuju jalan Allah
SWT, demi kebaikan dan kebenaran sesuai ajaran Al-Qur’an. Tujuan
pembuatan artikel ini adalah untuk mengetaui bagaimana seni sebagai
media dakwah dan untuk mengetahui peran seni dalam berdakwah.
Manfaat ratikel ini secara ilmiah yaitu dapat memperkaya khazanah
keilmuan dan menambah informasi tentang seni sebagai media dakwah.
Lalu manfaat praktisnya yaitu sebagai acuan dan motivasi bagi kaum
muslimin pada umumnya, bagi pembaca dan penulis pada khususnya
agar selalu tetap menjalankan dakwah untuk menyebar luaskan syariat
Islam. Seni adalah ekspresi yang bernuansa indah. Apakah itu ucapan
atau ungkapan, lukisan atau lisan, pendek kata dalam segala aspek
kehidupan. Dengan ilmu segalanya menjadi lebih mudah, dengan seni
segalanya menjadi lebih indah. Media dakwah adalah alat yang
digunakan untuk menyamp
References
Asep Muhyiddin, Dindin Solarahudin. Kajian Dakwah Multiperspektif. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya. 2014.
Kodiyat, B. A., Siagian, A. H., & Andryan, A. (2020). The Effect of Centralistic Political
Party Policies in Selection Of Regional Heads in Medan City. Indonesian Journal
of Education, Social Sciences and Research (IJESSR), 1(1), 59-70.
Ahmad Warson Munawir. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Yogyakarta: al-Munawir. 1984.
Kriesi, H., Lavenex, S., Esser, F., Matthes, J., Bühlmann, M., & Bochsler, D. (2013).
Democracy in the Age of Globalization and Mediatization (1st ed.). London:
PALGRAVE MACMILLAN.
M. Tata Taufik. 2013. Dakwah di Era digital: Seri Komunikasi Islam. Pustaka Al-Ikhlas.
Kuhlthau, C. C. (2002). Teaching the Library Research Process. Scarecrow Press.
Lele, G. (2021). Asymmetric decentralization, accommodation and separatist conflict: lessons
from Aceh and Papua, Indonesia. Territory, Politics, Governance, 1-19.
Mahendra, Y. I. (2021). Paradoks Demokrasi di Indonesia Tahun 2014-2019: Analisis
Prosedural dan Substansial. Paradigma POLISTAAT: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu
Politik, 4(1), 27-47.
Mulyani, D., Pamungkas, I., & Inten, D. N. (2018). Al-Quran Literacy for Early Childhood
with Storytelling Techniques. Jurnal Obsesi.
Nasrullah, Rulli. 2015. Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi.
Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Nugroho, R., Artha, I. K. A. J., Nusantara, W., Cahyani, A. D., & Patrama, M. Y. P. (2022).
Peran Orang Tua dalam Mengurangi Dampak Negatif Penggunaan Gadget. Jurnal
Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5425–5436.
Nureda, N., & Watini, S. (2022). Peranan TV Sekolah Sebagai Media Berbagi Informasi Bagi
Guru Dan Siswa Di TK Yosua Mimika. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan
Nonformal, 8(3), 1893
Asep Muhyiddin, Dindin Solarahudin. Kajian Dakwah Multiperspektif. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya. 2014.
Mansbridge, J. J. (2018). A deliberative theory of interest representation. In The politics of
interests (pp. 32-57). Routledge.
Ordukhanyan, E. (2020). The Consociational Theory And Challenges To Democratization In
South Caucasus Plural Societies. International Journal of Scientific Technology
Research, 9(1), 2276-2282.
Anwar Arifin. Dakwah Kontemporer: Sebuah Studi Komunikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Rothstein, B. (2019). Epistemic democracy and the quality of government. European Politics
and Society, 20(1), 16-31.
Sorensen, G. (2018). Democracy and democratization: Processes and prospects in a changing
world. Routledge.
Sutrisno, C. (2017). Partisipasi Warga Negara Dalam Pilkada. JPK (Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan),
(2), 36-48.
Faizah dan Lalu Muchsin Effendi. Psikologi Dakwah. Jakarta: Kencana Prenada Group. 2009.
Tridimas, G. (2023). Inflated Expectations of Democracy: Towards a Systematic Explanation.
In Power and Responsibility: Interdisciplinary Perspectives for the 21st Century in
Honor of Manfred J. Holler (pp. 287-304). Cham: Springer International
Publishing.
Walters, D. E. (2022). The administrative agon: A democratic theory for a conflictual
regulatory state. Yale LJ, 132, 1.
Weiss, J. (2020). What is youth political participation? Literature review on youth political
participation and political attitudes. Frontiers in Political Science, 2, 1.
Wilensky, H. L. (2017). Leftism, Catholicism, and Democratic Corporatism:: The Role of
Political Parties in Recent Welfare State Development. In The development of
welfare states in Europe and America (pp. 345-383). Routledge.
Watini, S. (2019). Strategi Pembelajaran Nilai-Nilai Agama di Raudhatul Atfal Assu`Ada
Cijerah Bandung. Alim Journal of Islamic Education, 1(1), 73–90
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 imamudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Pelita : Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah this site and metadata is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License