PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SENI SEBAGAI MEDIA DAKWAH DIKALANGAN MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

Media Pembelajaran Sekolah Dasar

Authors

  • imamudin Universitas Bina Bangsa
  • Rt Bai Rohimah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Bayi Tabrani universitas bina bansga
  • Saepudin Saepudin universitas bina bansga

DOI:

https://doi.org/10.33592/pelita.v24i2.5137

Abstract

Hakekat dakwah Islam adalah ajakan atau seruan menuju jalan Allah
SWT, demi kebaikan dan kebenaran sesuai ajaran Al-Qur’an. Tujuan
pembuatan artikel ini adalah untuk mengetaui bagaimana seni sebagai
media dakwah dan untuk mengetahui peran seni dalam berdakwah.
Manfaat ratikel ini secara ilmiah yaitu dapat memperkaya khazanah
keilmuan dan menambah informasi tentang seni sebagai media dakwah.
Lalu manfaat praktisnya yaitu sebagai acuan dan motivasi bagi kaum
muslimin pada umumnya, bagi pembaca dan penulis pada khususnya
agar selalu tetap menjalankan dakwah untuk menyebar luaskan syariat
Islam. Seni adalah ekspresi yang bernuansa indah. Apakah itu ucapan
atau ungkapan, lukisan atau lisan, pendek kata dalam segala aspek
kehidupan. Dengan ilmu segalanya menjadi lebih mudah, dengan seni
segalanya menjadi lebih indah. Media dakwah adalah alat yang
digunakan untuk menyamp

References

Asep Muhyiddin, Dindin Solarahudin. Kajian Dakwah Multiperspektif. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya. 2014.

Kodiyat, B. A., Siagian, A. H., & Andryan, A. (2020). The Effect of Centralistic Political

Party Policies in Selection Of Regional Heads in Medan City. Indonesian Journal

of Education, Social Sciences and Research (IJESSR), 1(1), 59-70.

Ahmad Warson Munawir. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Yogyakarta: al-Munawir. 1984.

Kriesi, H., Lavenex, S., Esser, F., Matthes, J., Bühlmann, M., & Bochsler, D. (2013).

Democracy in the Age of Globalization and Mediatization (1st ed.). London:

PALGRAVE MACMILLAN.

M. Tata Taufik. 2013. Dakwah di Era digital: Seri Komunikasi Islam. Pustaka Al-Ikhlas.

Kuhlthau, C. C. (2002). Teaching the Library Research Process. Scarecrow Press.

Lele, G. (2021). Asymmetric decentralization, accommodation and separatist conflict: lessons

from Aceh and Papua, Indonesia. Territory, Politics, Governance, 1-19.

Mahendra, Y. I. (2021). Paradoks Demokrasi di Indonesia Tahun 2014-2019: Analisis

Prosedural dan Substansial. Paradigma POLISTAAT: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu

Politik, 4(1), 27-47.

Mulyani, D., Pamungkas, I., & Inten, D. N. (2018). Al-Quran Literacy for Early Childhood

with Storytelling Techniques. Jurnal Obsesi.

Nasrullah, Rulli. 2015. Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi.

Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Nugroho, R., Artha, I. K. A. J., Nusantara, W., Cahyani, A. D., & Patrama, M. Y. P. (2022).

Peran Orang Tua dalam Mengurangi Dampak Negatif Penggunaan Gadget. Jurnal

Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5425–5436.

Nureda, N., & Watini, S. (2022). Peranan TV Sekolah Sebagai Media Berbagi Informasi Bagi

Guru Dan Siswa Di TK Yosua Mimika. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan

Nonformal, 8(3), 1893

Asep Muhyiddin, Dindin Solarahudin. Kajian Dakwah Multiperspektif. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya. 2014.

Mansbridge, J. J. (2018). A deliberative theory of interest representation. In The politics of

interests (pp. 32-57). Routledge.

Ordukhanyan, E. (2020). The Consociational Theory And Challenges To Democratization In

South Caucasus Plural Societies. International Journal of Scientific Technology

Research, 9(1), 2276-2282.

Anwar Arifin. Dakwah Kontemporer: Sebuah Studi Komunikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rothstein, B. (2019). Epistemic democracy and the quality of government. European Politics

and Society, 20(1), 16-31.

Sorensen, G. (2018). Democracy and democratization: Processes and prospects in a changing

world. Routledge.

Sutrisno, C. (2017). Partisipasi Warga Negara Dalam Pilkada. JPK (Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan),

(2), 36-48.

Faizah dan Lalu Muchsin Effendi. Psikologi Dakwah. Jakarta: Kencana Prenada Group. 2009.

Tridimas, G. (2023). Inflated Expectations of Democracy: Towards a Systematic Explanation.

In Power and Responsibility: Interdisciplinary Perspectives for the 21st Century in

Honor of Manfred J. Holler (pp. 287-304). Cham: Springer International

Publishing.

Walters, D. E. (2022). The administrative agon: A democratic theory for a conflictual

regulatory state. Yale LJ, 132, 1.

Weiss, J. (2020). What is youth political participation? Literature review on youth political

participation and political attitudes. Frontiers in Political Science, 2, 1.

Wilensky, H. L. (2017). Leftism, Catholicism, and Democratic Corporatism:: The Role of

Political Parties in Recent Welfare State Development. In The development of

welfare states in Europe and America (pp. 345-383). Routledge.

Watini, S. (2019). Strategi Pembelajaran Nilai-Nilai Agama di Raudhatul Atfal Assu`Ada

Cijerah Bandung. Alim Journal of Islamic Education, 1(1), 73–90

Published

2025-02-04

How to Cite

imamudin, Rohimah, R. B., Tabrani, B., & Saepudin, S. (2025). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SENI SEBAGAI MEDIA DAKWAH DIKALANGAN MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR: Media Pembelajaran Sekolah Dasar. Pelita : Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 24(2), 83–91. https://doi.org/10.33592/pelita.v24i2.5137