ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS GEOMETRI BERDASARKAN PRESTASI BELAJAR
Keywords:
Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Geometri, Kualitatif Deskriptif.Abstract
Keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah kemampuan dalam berpikir secara kompleks dan abstrak tentang pengetahuan baru kemudian disimpan dalam memori, maka pengetahuan ini berkorelasi dengan pengetahuan sebelumnya secara komprehensif sehingga mampu membuat kesimpulan sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan sejauh mana kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMP dalam menyelesaikan soal HOTS geometri berdasarkan prestasi belajar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian sebanyak dua soal HOTS geometri materi bangun datar yang mengacu pada indikator HOTS menurut Karthwohl (2002). Subjek penelitian ini adalah dua siswa dari salah satu SMP yang ada di daerah Indramayu dengan tingkat presatsi belajar yang berbeda yaitu siswa dengan berprestasi tinggi dan rendah. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa siswa dengan prestasi tinggi maupun siswa yang berprestasi rendah belum mampu memenuhi ketiga Indikator HOTS menurut Krathwohl (2002) yaitu menganalisis, mengevaluasi dan mengkreasi. Pada penelitian ini tingkat kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa masih sangat rendah. Maka pemberian pembelajaran yang berbasis HOTS di sekolah harus diterapkan secara konsisten sehingga dapat mendorong kemampuan berpikir setiap siswa, mengingat beban siswa semakin berat menghadapi era globalisasi serta mengenai soal-soal berstandar HOTS yang sudah mulai digunakan dalam ujian nasional.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Pelita : Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah this site and metadata is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License