PERAN TATA USAHA DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMASARAN PADA LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN (LKP) STAR ACADEMY

Authors

  • Mita Anzaningtyas Universitas Islam Syekh-Yusuf
  • Arfiani Yulianti Fiyul Universitas Islam Syekh-Yusuf

DOI:

https://doi.org/10.33592/pelita.v23i1.6325

Keywords:

Tata usaha, Pemasaran, Lembaga Kursus dan Pelatihan, Efektifitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran tata usaha dalam meningkatkan efektivitas pemasaran di Lembaga Kursus dan Pelatihan Bahasa Inggris. Menggunakan metode kualitatif deskriptif, data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan staf tata usaha dan tim pemasaran LKP Star Academy. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tata usaha memainkan peran strategis dalam pengelolaan data calon peserta, koordinasi kegiatan promosi, serta pemanfaatan teknologi informasi. Pengelolaan data yang terstruktur memungkinkan kampanye pemasaran lebih tepat sasaran, sementara pelayanan administratif yang berkualitas menciptakan citra positif lembaga di mata calon peserta. Selain itu, kolaborasi antara tata usaha dan tim pemasaran serta penggunaan teknologi digital berperan penting dalam menyebarkan informasi program kursus secara luas dan efisien. Dengan demikian, tata usaha berkontribusi signifikan terhadap peningkatan efektivitas pemasaran melalui dukungan administratif, koordinasi strategis, dan pelayanan berkualitas.

References

Aditya, H. (2017). Peningkatan kualitas layanan instruktur dalam mendukung retensi peserta kursus. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(1), 56-64.

Anggraeni, R. (2015). Peran Instruktur Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Metode Fun Learning Di Lembaga Kursus Bahasa Inggris NCEEC-Bandung (Doctoral dissertation, Univrsitas Pendidikan Indonesia).

Caesariadi, T. (2019). PENGARUH TATA RUANG PADA PENGHAWAAN ALAMI RUMAH VERNAKULAR MELAYU PONTIANAK. LANGKAU BETANG: JURNAL ARSITEKTUR. https://doi.org/10.26418/LANTANG.V6I1.33160.

Darmanto, Y., Suyanto, M., & Sudarmawan, S. (2015). Analisis Tata Kelola Teknologi Informasi pada Lembaga Kursus dan Pelatihan. Citec Journal, 1 (2), 102-115. https://doi.org/10.24076/citec.2014v1i2.14.

Eminyan, G., & Baghdasaryan, L. (2023). The Need for Effective Cooperation between Teaching and Administrative Staff in Public Educational Institutions. Scientific Proceedings of the Vanadzor State University. Humanities and Social Sciences. https://doi.org/10.58726/27382915-2023.1-488.

Harsono, D. (2019). Profesionalisme instruktur dalam pembelajaran bahasa Inggris di kursus bahasa. Jurnal Pengajaran Bahasa, 12(4), 231-245.

Heck, R., Johnsrud, L., & Rosser, V. (2000). Administrative Effectiveness in Higher Education: Improving Assessment Procedures. Research in Higher Education, 41, 663-684. https://doi.org/10.1023/A:1007096803784.

Nuraini, R. (2020). Penerapan metode blended learning dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(3), 101-115.

PS, A. H. N. (2016). Analisis Efektivitas Komunikasi Pemasaran Pada Produk Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Melalui Website. Makalah Kolokium, 2(3).

Rahmawati, N. (2018). Pengaruh metode direct teaching terhadap kemampuan komunikasi siswa. Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris, 10(2), 123-135.

Riyadi, M. (2017). Koordinasi Dalam Usaha Meningkatkan Efektivitas Kerja Petugas Lapangan( Studi Status Di Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kutai Timur).. , 1, 88-89. https://doi.org/10.31293/PD.V1I1.2779.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sitinjak, V., Sinaga, P., Sembiring, M., Ambarita, E., Simamora, N., Racheman, H., Tarigan, K., Sitorus, B., & Manalu, C. (2022). PRAKTIK BAHASA INGGRIS DALAM PEMASARAN PRODUK UKM DI DESA LUMBAN PEA TIMUR, KECAMATAN BALIGE KABUPATEN TOBA. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat METHABDI. https://doi.org/10.46880/methabdi.vol2no1.pp74-77.

Wijaya, A. (2016). Efektivitas media sosial dalam promosi Lembaga Kursus Bahasa Inggris. Jurnal Manajemen Pemasaran, 8(1), 45-52.

Welsh, J., & Metcalf, J. (2003). Administrative support for institutional effectiveness activities: responses to the ‘new accountability’. Journal of Higher Education Policy and Management, 25, 183 - 193. https://doi.org/10.1080/1360080032000122651.

Yahya, A. (2015). Efektivitas Komunikasi Pemasaran UMKM Produk Pertanian. Studi Pustaka, 2(3).

Yusuf, R. N. (2019). EFEKTIVITAS KOMUNIKASI PEMBELAJARAN ONLINE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENDIDIK ANAK: Studi Pada Ibu Bekerja Anggota Komunitas Ibu Profesional Karawang (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Zhu-Qing, X. (2004). Investigating the Holistic Accomplishment of Administrative Staff in Adult Education Providers. Journal of Anhui Institute of Education.

Published

2023-12-23

How to Cite

Anzaningtyas, M., & Yulianti Fiyul, A. (2023). PERAN TATA USAHA DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMASARAN PADA LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN (LKP) STAR ACADEMY. Pelita : Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 23(2), 95–102. https://doi.org/10.33592/pelita.v23i1.6325