Analisis Praktik MBKM di Jepang: Telaah Kritis Terhadap Potensi, Problematik dan Keberlanjutannya dalam Membentuk Mahasiswa Indonesia yang Berkarakter Unggul dan Berwawasan Global

Authors

  • Dianni Risda Universitas Pendidikan Indonesia
  • Noviyanti Aneros Universitas Pendidikan Indonesia

Keywords:

Indonesia, Jepang, Magang, MBKM, unggul

Abstract

Realitas program MBKM berupa praktik magang di Perusahaan Jepang belum optimal, dengan adanya problematik spesifik, seperti culture shock, sebatas seremonial, belum secara holistik memuat penguasaan bahasa asing, tidak bekelanjutan, sehingga kurang berdampak terhadap terbentuknya mahasiswa Indonesia yang berkarakter unggul dan berwawasan global, maka bersifat penting untuk diatasi. Mengingat program MBKM berupa praktik magang di Jepang, memiliki potensi positif, seperti penguatan karakter unggul dan wawasan global mahasiswa, selaku representasi atas kapasitas sumber daya manusia berkelas dunia, potensi akulturasi budaya Jepang dengan Indonesia, juga potensi keberlanjutan untuk kepentingan karier mahasiswa pasca lulus program MBKM di Perusahaan Jepang terkait berbasis kompetensi. Penelitian ini berupaya untuk menganalisis praktik MBKM di Jepang: telaah kritis terhadap potensi, problematik dan keberlanjutannya dalam membentuk mahasiswa indonesia yang berkarakter unggul juga berwawasan global, berbasiskan pendekatan kualitatif, dengan metode grounded theory. Untuk memperkuat teori dan mengesampingkan atau menentang teori secara objektif, maka dilakukan analisis data, meliputi teknik reduksi, display, dan verifikasi  selanjutnya validitas data. Riset ini menyatakan bahwa melalui program MBKM mampu menjadi wahana strategis dalam transfer of knowledge, skills, disposition juga technology, yang memperkuat teori civic competence dan kerja sama Indonesia dan Jepang yang dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia agar berkelas dunia. Selain itu, juga mampu mengatasi realitas fenomena ageing population yang terjadi di Jepang, yang menyebabkan Jepang membutuhkan tenaga kerja asing atau tenaga migran yang kompeten demi keberlangsungan produktivitas, sehingga program MBKM memberikan dampak positif bagi Indonesia dan Jepang.

References

Abdussamad, Z. (2021). Metode penelitian kualitatif. Syakir Media Press

Avivi, Y., & Siagian, M. (2020). Kepentingan Indonesia dalam kerja sama bilateral dengan Jepang studi kasus: Indonesia-Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA). Paradigma POLISTAAT: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 3(1), 49–61. https://doi.org/10.23969/paradigmapolistaat.v3i1.2967

Ayu, I. G., & Budiasih, N. (2013). Metode grounded theory dalam riset kualitatif. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 9(1), 19–27.

Badan Pusat Statistik. (2023). Bonus demografi dan visi Indonesia emas 2045. Badan Pusat Statistik, 1–12. https://bigdata.bps.go.id/documents/datain/2023_01_2_Bonus_Demografi_dan_Visi_Indonesia Emas_2045.pdf

Branson, M. S. (1999). Belajar “civic education” dari Amerika (Terjemahan Syarifudin dkk). Yogyakarta: LKIS.

Conrad, H., & Meyer-Ohle, H. (2022). Training regimes and diversity: Experiences of young foreign employees in Japanese headquarters. Work, Employment and Society, 36(2), 199–216. https://doi.org/10.1177/0950017020966537

D’Ambrogio, C. (2020). Continental democracies Japan ’ s ageing society. European Parliament, December, 1–10. https://www.europarl.europa.eu/RegData/etudes/BRIE/2020/659419/EPRS_BRI(2020)659419_EN.pdf

Hamaguchi, K. (2019). How have Japanese policies changed in acceptingforeign workers?. Japan Labor Issues, vol.3, no.14, May 2019 7. Japan Labor Issues, 3(14), 2–7.

Holbrow, H. J., & Nagayoshi, K. (2018). Economic integration of skilled migrants in Japan: The role of employment practices. International Migration Review, 52(2), 458–486. https://doi.org/10.1111/imre.12295

Hosogaya, N. (2021). Migrant workers in Japan: socio-economic conditions and policy. Asian Education and Development Studies, 10(1), 41–51. https://doi.org/10.1108/AEDS-02-2019-0032

Kesa, I. K., & Sainuddin, I. H. (2020). Pengoperasian penelitian grounded theory. As-Shaff: Jurnal Manajemen Dan Dakwah, 1(1), 14–23.

Miles, M.B, Huberman, A.M, & Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis, a methods sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press

Nugraha, T., Noerlina, N., & Sabrina, A. (2019). Implementation of Indonesia Japan Economic partnership agreement: A comparison of user specific duty free scheme and manufacturing industrial development center programs. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(7), 115–121.

Ogawa, N. (2011). Population aging and immigration in Japan. Asian and Pacific Migration Journal, 20(2), 133–167. https://doi.org/10.1177/011719681102000202

Oishi, N. (2014). Redefining the “highly skilled”: The points-based system for highly skilled foreign professionals in Japan. Asian and Pacific Migration Journal, 23(4), 421–450. https://doi.org/10.1177/011719681402300406

Risda, D. (2022). Increasing Japanese and Indonesian mutual cooperation Indonesian human resources’ contribution to Japan’s technical intern training program. Advances in Japanese Business and Economics, in: Mariko Tanigaki (ed.), Japan and Asia, 4, 79-143.

Risda, D., Judiasri, M. D., Herniwati, Aneros, N., Mubarok, M. H., Darmawan, R. I., & Mahdiyyah, N. S. (2023). Pembinaan karakter dan budaya Jepang terhadap tenaga migran Indonesia untuk penguatan performance character. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2).

Seider, S., Gilbert, J. K., Novick, S., & Gomez, J. (2013). The role of moral and performance character strengths in predicting achievement and conduct among urban middle school students. Teachers College Record, 115(8), 1-34. https://doi.org/10.1177/016146811311500807

Wiryawan, W. (2017). Strategi pembentukan tenaga kerja berkualitas di LKP Isizuka magang Jepang Kabupaten Banyumas. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(8), 640-653.

Wood, A. J. (2018). Powerful times: Flexible discipline and schedule gifts at work. Work, Employment and Society, 32(6), 1061–1077. https://doi.org/10.1177/0950017017719839

Published

2025-02-04

How to Cite

Risda, D., & Aneros, N. (2025). Analisis Praktik MBKM di Jepang: Telaah Kritis Terhadap Potensi, Problematik dan Keberlanjutannya dalam Membentuk Mahasiswa Indonesia yang Berkarakter Unggul dan Berwawasan Global. Pelita : Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 24(2). Retrieved from https://ejournal.unis.ac.id/index.php/pelita/article/view/7101