RESPONSIF SISWA KELAS XI TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SECARA DARING MELALUI MEDIA WHATSAPP DI SMAS PARADIGMA KABUPATEN TANGERANG

  • Nyimas Nuraini Kapitanhitu Fakultas Agama Islam Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang

Abstract

Pada saat ini pendidikan dan pembelajaran di tempuh dengan cara yang berbeda. Bukan hanya di Indonesia saja tetapi di seluruh kawasan benua sedang terjadi wabah Coronaviruses Disease 2019 (Covid-19). Coronaviruses merupakan virus yang menyebabkan penyakit, mulai dari gejala ringan hingga gejala berat. Kegiatan pembelajaran dilakukan secara online untuk semua jenjang pendidikan, kegiatan pembelajaran ini disebut Dalam Jaringan (Daring). Salah satu penggunaan media sosial yang sering digunakan dalam keadaan pembelajaran dalam jaringan (daring) ditengah pandemi ini yaitu Whatsapp. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Responsif Siswa Kelas XI Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Secara Daring Melalui Media Whatsapp Di SMAS Paradigma Kabupaten Tangerang. Metode yang digunakan ialah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Responsif Siswa Kelas XI Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Secara Daring Melalui Media Whatsapp ialah Selama kegiatan pembelajaran berlangsung respon siswa tidak seperti layaknya pembelajaran tatap muka. Masih banyak siswa yang tidak ikut berpartisipasi dalam pembelajaran yang dilakukan melalui whatsapp. Masalah lainnya terkait kepasifan peserta didik, seperti adanya beberapa peserta didik yang hanya mengisi daftar hadir saja, menjawab salam  dan sebagainya. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya yaitu keterbatasan sarana prasarana seperti laptop atau smartphone, kesulitan akses internet, sulit memahami materi yang sudah di ajarkan.

 

Kata Kunci : Media Whatssapp, PAI, Responsif Siswa.

Published
2021-11-30