PENDAMPINGAN BELAJAR ONLINE BAGI SISWA SEKOLAH DASAR DI MASA PANDEMIC COVID-19
Abstract
Pandemi COVID-19 yang melanda dunia berdampak pada segala aspek kehidupan tak terkecuali dunia pendidikan. Pola pembelajaran tatap muka di sekolah telah bergeser dari pembelajaran tradisoonal tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh yang dilakukan secara online. Penerapan pembelajaran online di masa pandemi memaksa terjadinya transformasi digital dalam dunia pendidikan sehingga menimbulkan beberapa permasalahan, dua di antaranya adalah teknologi dan sumber daya manusia. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang dilakukan oleh FKIP Universitas Islam Syekh Yusuf berupa pendampingan belajar siswa sekolah dasar di wilayah Kebon Nanas Kota Tangerang. Lokasi tersebut dipilih berdasarkan laporan dari hasil studi pendahuluan. Metode yang digunakan beruoa ekspositori. Hasil dari kegiatan ini bernilai positif mengingat adanya respon baik dari peserta dan masyarakat sekitar.
Kata Kunci : Pandemi COVID-19, pembelajaran online, pendampingan belajar