Pengaruh Disiplin Siswa Selama Pandemic Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 2 Hiliran Gumanti

Authors

  • Salmayeni Asmara Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • M Ilyas Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Desi Armi Eka Putri Universitas Mahaputra Muhammad Yamin

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya disiplin siswa dan rendahnya hasil belajar siswa di SMP Negeri 2 Hiliran Gumanti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar selama pandemi covid-19 terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS pada kelas VII, VIII dan IX di SMP Negeri 2 Hiliran Gumanti.

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 2 Hiliran Gumanti yang berjumlah 100 orang siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik slovin, yang diambil dari seluruh siswa kelas VII-IX SMP Negeri 2 Hiliran Gumanti, yang berjumlah 80 orang. Teknik pengumpulan data adalah kuesioner (angket) dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear sederhana dengan pengujian uji-t pada taraf signifikansi α = 5%. Regresi Linear Sederhana adalah metode Statistik yang berfungsi untuk menguji sejauh mana hubungan sebab akibat antara Variabel Faktor Penyebab (X) terhadap Variabel Akibat (Y).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh disiplin siswa yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan oleh persamaan regresi linear sederhana Y= 0,767 + 0,601X. Dari hasil statistik menunjukkan bahwa kedisiplinan siswa berpengaruh terhadap hasil belajar sebesar 61% yang dapat diperoleh hasil uji t yaitu diperoleh nilai thitung sebesar 11,049 sedangkan ttabel sebesar 1,664. Sedangkan selebihnya dipengaruhi oleh variabel bebas lainnya yang tidak disebutkan dalam penelitian ini. Variabel bebas lain tersebut diantaranya, motivasi, minat, kemampuan atau intelegensi, dan perlengkapan belajar lainnya.

Downloads

Published

2021-10-31

How to Cite

Asmara, S., Ilyas, M., & Eka Putri, D. A. (2021). Pengaruh Disiplin Siswa Selama Pandemic Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 2 Hiliran Gumanti. Journal of Business Education and Social, 2(2), 12–22. Retrieved from https://ejournal.unis.ac.id/index.php/JBS/article/view/2442