Good Governance Dalam Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Kecamatan Alang-Alang Lebar Pada Masa Covid-19

Authors

  • Agriva Yoan Debora Universitas Indo Global Mandiri
  • Muhammad Qur'anul Kariem Universitas Indo Global Mandiri
  • Doris Febriyanti Universitas Indo Global Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.33592/jiia.v12i2.2851

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji good government governance dalam mewujudkan pelayanan Terpadu Satu Pintu, dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pelayanan Terpadu Satu Pintu dalam mewujudkan good government governnace di Kecamatan Alang-alang Lebar. Metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi dilakukan dengan mengamati secara langsung obyek yang diperlukan, dengan memperhatikan: (1) isi pengamatan, (2) mencatat pengamatan: kapan waktu pencatatan dan kapan mengamati obyek penelitian, (3) menjalin hubungan antara pengamat, daftar pedoman observasi yang dibuat disesuaikan dengan observasi umum di lokasi penelitian yaitu Kecamatan Alang-alang Lebar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tata Kelola Pemerintahan yang baik dapat dilihat melalui program Pelayanan Terpadu Satu Pintu yang optimal. Dan dapat disimpulkan bahwa pelayanan yang baik juga bisa menjadi salah satu kunci terciptanya Tata Kelola Pemerintahan yang baik. Sehingga Pelayanan Terpadu Satu Pintu yang diterapkan di Kecamatan Alang-alang Lebar dikatakan baik dalam menciptakan good government governance.

Published

2022-11-09

How to Cite

Debora, A. Y., Kariem, M. Q., & Febriyanti, D. (2022). Good Governance Dalam Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Kecamatan Alang-Alang Lebar Pada Masa Covid-19. JURNAL ILMIAH ILMU ADMINISTRASI, 12(2), 106–114. https://doi.org/10.33592/jiia.v12i2.2851