Pengaruh Kegemaran Membaca di Perpustakaan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV di SDN Kutisarii II Surabaya
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebiasaan membaca di perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN Kutisari II Surabaya. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 51 siswa. Jenis penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif dengan metode korelasi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket. Validasi penelitian ini adalah dosen ahli di bidang pendidikan dan menggunakan program SPSS. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan statistik non parametrik dengan analisis uji korelasi pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan membaca termasuk kategori baik sebesar 57%, hasil belajar Bahasa Indonesia termasuk kategori cukup baik sebesar 29%. Kebiasaan membaca di perpustakaan sekolah mempunyai pengaruh positif yang ditunjukkan oleh hasil uji korelasi perason pada nilai correlation coefficient sebesar 0,360 yang berarti 0,360 ≥ 0,01. Hasil taraf signifikan sebesar 0,009 (0,009 < 0,01). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh kebiasaan membaca di perpustakaan terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia termasuk dalam kategori rendah yaitu pada nilai correlation coefficient sebesar 0,360 (0,20 – 0,3999).References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Cahyani, I. (2013). Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI.
Chaer, A. (2014). Linguistik Umum. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Hartono. (2016). Manajemen Perpustakaan Sekolah; Menuju Perpustakaan Modern dan Profesional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Keraf, G. (2004). Komposisi. Semarang: Bina Putera.
Mustika, I. & Lestari, R. (2015). “Hubungan Minat Baca dan Kebiasaan Membaca Karya Sastra Terhadap Kemampuan Menulis Puisiâ€. Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: STKIP Siliwangi.
Rahim, F. (2011). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Tarigan, H.G. (2008). Membaca Sebagai Sutau Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Winoto, Y. Rohman, A. & Andika, R. (2017). “Kebiasaan Membaca dan Kebutuhan Bahan Bacaan Pemustaka Anak-Anak di Perpustakaan Daerah Kabupaten Bandung (penelitian survei)â€. Khizanah al-Hikmah: Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan, 5(1), 59-66.
Wiyanto, A. (2009). Terampil Menulis Paragraf. Jakarta: Grasindo.