META ANALISIS PEMBELAJARAN DENGAN PENERAPAN MEDIA VISUAL BERBENTUK PAPAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SD

Authors

  • Erlin Keryna Ikinti Putri Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Dewi Widiana Rahayu Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Suharmono Kasiyun Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Muhammad Thamrin Hidayat Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan penerapan media visual berbentuk papan terhadap hasil belajar siswa sd berdasarkan tinjauan dari penelitian yang sejenis. Metode penelitian yang digunakan berupa metode meta analisis. Penelitian ini diawali dengan merumuskan topik penelitian, menelusuri hasil penelitian yang relevan untuk di analisis. Data dikumpulkan dengan menelusuri jurnal online (google scholar), artikel, dan jurnal yang sejenis dengan topik penelitian. Data dianalisis dengan menggunakan analisis diskriptif. Hasil penelusuran data diperoleh lebih dari 40 artikel kemudian diambil 10 artikel yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media visual berbentuk papan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata sebelum diterapkannya media visual berbentuk papan 52,71 meningkat sebesar 30,16 menjadi 82,87.

Author Biographies

Erlin Keryna Ikinti Putri, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Mahasiswi Di Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Dewi Widiana Rahayu, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Dosen di Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Suharmono Kasiyun, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Dosen di Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Muhammad Thamrin Hidayat, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Dosen di Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

References

Arifuddin, A., Masnun, A., & Lajuba, S. (2018). Efektivitas Strategi Peta Konsep Dengan Media Papan Nusantara Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran PKN Di MI/SD. Seminar Nasional Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Cirebon: IAIN Syekh Nurjati. 258-266.

Arsyad, Azhar. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Badruzaman, A. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Peta . Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1).

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.

De Jager, T. (2012). Using Visual Media To Enhance Science Teaching And Learning In Historically Disadvantaged Secondary Schools. International Proceedings Of Economics Development And Research. 47,1-6.

Eka, D., Mulyani. (2013) Penerapan Media Papan Balik (Flipchart) Pada Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya. 1(2).

Indriana, D. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Jogjakarta:Diva Press.

Isjoni. (2014). Cooperative learning mengembangkan kemampuan belajar kelompok. Bandung: Alfabeta.

Khairani, M., Sutisna.,& Slamet, T. (2019). Studi Meta-Analisis Pengaruh Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Program Studi Pascasarjana. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta. 2(1).

Kusumawati Nanik, Maruti S. (2019). Strategi Belajar Mengajar Di Sekolah Dasar. Magetan: CV. Ae Medika Grafika.

Listiyani, D., Karjiyati, V.,& Noperman, F. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Papan Berpaku Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Kelas Iv Gugus 01 Kota Bengkulu. (Skripsi). Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Bengkulu.

Mulyasa, HE. (2010). Praktik Penelitian Tindak Kelas. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: GP Press.

Mutho’i, H., Lestari, M. (2018). Penggunaan Media Papi (Papan Pintar) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas Iii Pada Materi Bangun Datar Sdn Tanjekwagir. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Sidoarjo: Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo. 1(1).

Novi, A., Momoh, H.,& Syarip, H. (2018). Pengaruh Media Papan Flanel terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Pendidikan Indonesia, Tasikmalaya. 5(2).

Pratiwi, E., Mulyani. (2013). Penerapan Media Papan Balik (Flipchart) Pada Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Susanti, E., Sudianto, M. (2013) Penggunaan Media Papan Flanel Untuk Peningkatan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya. 2(1).

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Utami, B., Purnamasari, V., & Supandi. (2017). Keefektifan Media Papan Cerdas Perkalian Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Siswa Kelas II Di Sd Negeri 4 Sidodadi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Semarang: Universitas PGRI Semarang. 7(1).

Wiji, H., Sunan, B.,& Qoriati, M. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Berbantu Media Panelpa (Papan Flanel IPA) Terhadap Hasil Belajar. Jurnal International Pendidikan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Semarang: Universitas PGRI Semarang. 3(2).

Yuliani, E. (2019). Pengaruh Media Papan Climbing dalam Strategi Quick On The Draw terhadap Hasil Belajar Tema 1 Subtema 4 Siswa Kelas III MI Norrahman Kota Banjarmasin. (Skripsi) Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Antasari.

Zahara, M., Budiyono. (2019). Pengaruh Media Papan Penjumlahan Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya. 7(3).

Downloads

Published

2020-09-01

How to Cite

Putri, E. K. I., Rahayu, D. W., Kasiyun, S., & Hidayat, M. T. (2020). META ANALISIS PEMBELAJARAN DENGAN PENERAPAN MEDIA VISUAL BERBENTUK PAPAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SD. JIPIS, 29(2), 69–78. Retrieved from https://ejournal.unis.ac.id/index.php/JIPIS/article/view/673

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)