PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI

Authors

  • Resmi Resmi Universitas Simalungun
  • Lili Tansliova Universitas Simalungun

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran student teams achievement division, mengetahui kemampuan menulis teks laporan hasil observasi, dan mengetahui pengaruh model pembelajaran student teams achievement division terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi di kelas VII SMP Swasta YPK Pematangsiantar T.P2018/2019. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah berbentuk pre-test model pembelajaran student teams achievement division (X) dan post-test kemampuan menulis teks laporan hasil observasi (Y). Teknik pengolahan data pada penelitian ini adalah korelasi product moment. Hasil penelitian ini diperoleh perhitungan korelasi sebesar 0,82 dan uji-t diperoleh thitung = 10,3 pada taraf signifikan α= 0,05 dan derajat kebebasan (dk)= N-2= 54-2= 52 diperoleh ttabel= 1,674. Jadi thitung  lebih besar dari ttabel (thitung  = 10,3 > ttabel = 1,674) maka Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran student teams achievement division terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi di kelas VII SMP Swasta YPK Pematangsiantar TP 2018/2019. Jadi Ha diterima kebenarannya dan Ho ditolak kebenarannya.  

Author Biographies

Resmi Resmi, Universitas Simalungun

Dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Simalungun

Lili Tansliova, Universitas Simalungun

Dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Simalungun

References

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian.Jakarta:Rineka Cipta.

Hanafi, Fahruddin. (2017). Meningkatkan Keterampilan Menyusun Teks Laporan Hasil Observasi.Jurnal Bastra vol 1 no 4:Kendari.

Kartono. (2009). Peningkatan Keterampilan Menulis.Medan:Media Persada.

Kumarawati,Krisna dkk. (2015) .Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia vol 3 no 1.Singaraja:Universitas Pendidikan Ganesha.

Mugianto. (2017). Pengembangan Perencanaan Pembelajaran Menulis Teks Laporan Hasil Observasi. Jurnal Ilmu Budaya vol 1 no 4:Samarinda.

Ngalimun. (2014). Strategi dan Model Pembelajaran.Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Nikmah,Erlita Hidaya. (2016). Implementasi Model STAD dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Riset dan Konseptual Vol 1 No 1 : Kediri.

Riduwan. (2004). Metode dan Teknik Menyusun Tesis.Bandung:Alfabeta.

Rosiani. (2015). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Indonesia Vol 1 No 1. Jakarta : Indonesian Education And Therapy (IICET).

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.Bandung:Alfabeta.

Sukardi. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta:PT Bumi Aksara.

Tarigan, Henry. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.Bandung: Angkasa.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wiwin,Yulia. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Dengan Menggunakan Metode Field Trip. Jurnal Diksastra Vol 1 No 2 :

Downloads

Published

2020-10-30

How to Cite

Resmi, R., & Tansliova, L. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI. JIPIS, 29(2), 106–111. Retrieved from https://ejournal.unis.ac.id/index.php/JIPIS/article/view/574

Issue

Section

Articles