MEMBANGUN KEPERCAYAAN DIRI ANAK DALAM BERBICARA BAHASA INGGRIS (SPEAKING ACTIVITY) MELALUI ENGLISH MATRICULATION PROGRAM

Authors

  • Sarah Aslamiyah Universitas Indonesia
  • Khilda Shopia Universitas Islam Syekh Yusuf

DOI:

https://doi.org/10.33592/ap.v3i1.3360

Keywords:

Kepercayaan diri, speaking activity, English Marticulation Program

Abstract

Kemampuan berbicara (Speaking Skills) dengan menggunakan Bahasa Inggris menjadi sebuah keharusaan di masa saat ini. Mitra dalam kegiatan pengabdian ini yaitu SMPIT Asy-Syukriah Kota Tangerang pada peserta didik kelas X. Metode pelaksanaan pengabdian dilakukan dengan beberapa tahap yaitu (1). Melakukan need analysis atau analisis situasi dengan cara Forum Group Discusion dengan pihak sekolah, need analysis juga dilakukan kepada beberapa peserta didik untuk merumuskan masalah tersebar yang dihadapi oleh peserta didik. (2) Melaksanakan pengarahan yang dilakukan di hari pertama saat pembukaan dan ketiga saat penutupan, (3). Melaksanakan pengajaran kepada peserta didik dengan memfokuskan meningatkan kepercayaan diri peserta didik dalam berbicara Bahasa Inggris yang dilakukan selama tiga hari. Kegiatan pengabdian dilakukan pada tanggal 24-26 Agustus 2022. Hasil kegiatan menunjukan bahwa kegiatan mendapatkan respon positif dari peserta didik dan hasil rata rata dari pretest (70.58) dan post test (85.00) menunjukan hasil yang baik dan mengalami peningkatan dalam membangun kepercayaan diri pesertda didik dalam berbicara Bahasa Inggris.

Downloads

Published

2023-05-30