PENDAMPINGAN PEMBUATAN PODCAST MATERI SEJARAH LOKAL BAGI GURU MATA PELAJARAN SEJARAH DI KOTA LUBUKLINGGAU
DOI:
https://doi.org/10.33592/ap.v3i1.3365Keywords:
Podcast, Guru, Sejarah LokalAbstract
PJJ yang ditetapkan oleh pemerintah sebagai kebijakan akibat Covid-19 memberikan pengaruh yang sangat besar bagi pendidikan. Salah satu permasalahan yang dialami oleh para guru MGMP Sejarah Lubuklinggau, Musi Rawas dan Musi Rawas Utara adalah referensi penggunaan media pembelajaran yang mudah dan murah untuk dikembangkan; dapat digunakan secara offline atau tidak begitu bergantung pada jaringan internet yang stabil serta memuat materi sejarah lokal. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka perlu pendampingan pembuatan podcast pada materi Revolusi Fisik Musi Rawas (1945-1949). Pendampingan dilakukakn oleh para dosen di Program Studi Pendidikan Sejarah-FKIP, Universitas Sriwijaya ini bertujuan untuk menganalisis dan meningkatkan kemampuan guru mata pelajaran sejarah melalui Diagnostik Kesulitan Belajar (DKB). Kegiatan ini terdiri dari dua tahapan yaitu pelatihan dan pendampingan. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu metode ceramah, diskusi, praktik dan self group reflection. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa pelatihan dan pendampingan yang dilakukan dapat meningkaktkan kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran audio berbasis podcast dengan menggunakan materi Revolusi Fisik Musi Rawas (1945-1949).
Kata kunci: podcast, guru, sejarah lokal
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Abdi Pandawa: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.