SOSIALISASI PENGGUNAAN APLIKASI YOUTUBE YANG EFEKTIF SEBAGAI SUMBER BELAJAR DAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS
DOI:
https://doi.org/10.33592/ap.v3i1.3370Keywords:
Video YouTube, Media Pembelajaran, Bahasa InggrisAbstract
Perkembangan teknologi saat ini berpengaruh sangat besar pada beberapa aspek kehidupan termasuk pendidikan. Terdapat beberapa media platform yang dapat digunakan sebagai media dan sumber belajar salah satunya yaitu aplikasi YouTube. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi terkait bagaimana cara menggunakan YouTube sebagai media dan sumber belajar yang efektif kepada peserta didik pada jenjang kelas X. Mitra dalam kegiatan pengabdian ini yaitu Sekolah Alam Cikeas Bogor pada jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA), dimana permasalahan yang ditemukan yaitu rendahnya pengetahuan peserta didik khusus nya pada jenjang kelas X untuk menggunakan YouTube sebagai media dan sumber belajar yang tepat dalam proses belajar Bahasa Inggris. Terdapat 30 peserta didik yang ikut serta dalam kegiatan pengabdian. Sebelum melakukan sosialisasi, peserta diberikan kuesioner dan hasilnya menunjukan bahwa terdapat 33% peserta didik tertarik akan media YouTube sebagai media dan sumber belajar. Kemudian, hasil kuesioner juga menunjukan bahwa terdapat dua cara peserta didik menggunakan YouTube; (1). YouTube memfasilitasi ceramah atau kuliah yang berisikan penjelasan materi. (2). video- video berbahasa inggris yang lain seperti wawancara, diskusi, monolog yang bisa digunakan sumber data variasi bahasa khususnya Bahasa Inggris. Adapun cara menggunakan YouTube yang efektif yaitu (1). Pilihlah beberapa video YouTube yang sesuai dengan tujuan pembelajaran Bahasa Inggris yang ingin di capai, (2). (3). Memfasilitasi peserta didik untuk mereview materi pada video YouTube.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Abdi Pandawa: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.