PENDAMPINGAN PEMBUATAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA DAN REDESIGN RUANG PERPUSTAKAAN DI SD NURUL MUTTAQIN KABUPATEN MALANG
DOI:
https://doi.org/10.33592/ap.v3i2.3799Keywords:
Kata Kunci: Perangkat pembelajaran Kurikulum Merdeka, RPP, Redesign ruang perpustakaaAbstract
Guru merupakan seorang tenaga pendidik yang memiliki tugas mendidik, mengajar, membimbing, memberikan penilaian dan melakukan evaluasi pada peserta didik. Setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap agar meningkatkan hasil proses belajaran mengajar. Kegiatan ini melibatkan kerjasama dengan sekolah mitra. Terdapat satu sekolah yang terlibat dalam kegiatan ini, yaitu SD Islam Nurul Muttaqin Kabupaten Malang. Untuk menyukseskan kemitraan ini, guru yang akan menjadi peserta pelatihan perlu mendapatkan penguatan konsep materi Kurikulum Merdeka, dan penyusunan RPP. Metode pelaksanaan kegiatan ini yaitu workshop pelatihan, pendampingan dan impelementasi Penyusunan RPP Kurikulum Merdeka. Pada akhir kegiatan ini, guru akan mengimplementasikan RPP yang telah disusun sesuai kelasnya. Dalam pendesiminasian RPP ini, tim akan mendampingi dan melakukan observasi. Dari Hasil observasi ini yang akan dijadikan bahan Refleksi Bersama. Dapat disimpulkan bahwa guru telah menerapkan Kurikulum Merdeka dengan baik. Hal ini dapat diketahui dari RPP yang dirancang dan kegiatan pembelajaran. Pada permasalahan mitra kedua yaitu terkait ruang perpustakaan maka tim akan membuatkan design perpustakaan yang mumpuni pada peserta didik tingkat sekolah dasar.