OPTIMALISASI PENGABDIAN MASYARAKAT PADA PAUD AL-MUTTAFIQIN DALAM PENGUATAN PEMBELAJARAN BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER
DOI:
https://doi.org/10.33592/ap.v4i1.4764Keywords:
Akhlak Mulia, Anak Usia Dini, Pendidikan Karakter, Pembelajaran, Sumber Daya Manusia (SDM)Abstract
Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni sangat diperlukan menjelang Indonesia Emas di tahun 2045. Ada tiga aspek yang harus dipenuhi untuk mewujudkan SDM yang mumpuni, yaitu literasi dasar, karakter, dan kompetensi. Berdasarkan observasi yang sudah dilakukan, mahasiswa menghasilkan suatu program kerja guna Penguatan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yaitu dimulai dari Pembentukan Karakter Pada Anak Usia Dini. Namun, penyelenggaraan proses pembelajaran tidak lepas dari berbagai permasalahan yang ditemui di lapangan. Kurangnya jumlah pendidik dan minimnya ilmu pengajaran menjadi permasalahan dalam mengoptimalisasikan pembelajaran di PAUD. Maka dari itu dengan adanya kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dapat menjawab kebutuhan PAUD terkait kebutuhan sumber daya manusia dan memperkuat karakter pada anak usia dini untuk mempersiapkan peserta didik yang berakhlak mulia. Metode yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat adalah pendampingan pembelajaran secara langsung. Dampak dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini selain menjawab kebutuhan sumber daya manusia bagi PAUD AL-MUTTAFIQIIN sebagai pendidik, adalah meningkatkan kebutuhan perkembangan kognitif dan afektif. Perkembangan kognitif dapat ditingkat melalui aktivitas yang dilakukan selama pengabdian. Membentuk karakter dan menanamkan sikap berakhlak mulia merupakan hal yang baik untuk diterapkan kepada anak usia dini. Dalam kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan di PAUD AL-MUTTAFIQIIN, semua telah dirancang untuk dapat menciptakan generasi cerdas untuk masa depan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Abdi Pandawa: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.