Pendampingan Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Karya Ilmiah Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Bagi Guru Madrasah Istiqlal

Authors

  • Sri Sumarni Universitas Negeri Jakarta
  • Ifan Iskandar Universitas Negeri Jakarta
  • Ratna Dewanti Universitas Negeri Jakarta
  • Ifan Iskandar Universitas Negeri Jakarta
  • Siti Drivoka Sulistyaningrum Universitas Negeri Jakarta
  • Rizdika Mardiana Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.33592/ap.v4i2.5082

Keywords:

guru madrasah, perancangan penelitian tindakan kelas, karya ilmiah.

Abstract

Penelitian Tindakan kelas merupakan jalur strategis untuk pengembangan profesionalisme yang diwajibkan bagi para guru di Indonesia, namun  tidak semua guru percaya diri dalam melakukan penelitian ini karena berbagai alas an. Pengabdian Masyarakat ini bertujuan memberikan pengetahuan dan pendampingan penelitian tindakan kelas dan penulisan karya ilmiah. Sasarannya adalah para guru bahasa, sains dan ilmu pengegtahuan sosial di Madrasah Ibtidaiyah, Tsanawiyah dan Aliyah Istiqlal Jakarta. Kegiatan dilakukan dengan pelatihan dan lokakarya secara luring dan asinkronous, sejak bulan Maret sampai dengan September 2024. Kegiatan diawali dengan pemberian pengetahuan tentang penelitian tindakan kelas, dan penulisan karya ilmiah serta merefleksikan pembelajaran berbasih literasi digital yang telah dilakukan oleh para guru, diikuti dengan pendampingan dalam merancang penelitian, mulai dari menuliskanm judul, latar belakang dan masalah serta tujuan penelitian; mencari referensi dan menuliskan kajian pustaka; dilanjutkan dengan mempersiapkan langkah-langkah meneliti dan instrument penelitian. Berdasarakan keaktifan berpartisipasi dan  produk lokakarya yang ditampilkan para peserta dapat disimpulkan bahwa pengabdian masyarakat ini dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para peserta dalam merancang penelitian tidakan kelas.

Downloads

Published

2024-12-17