DIMENSI KEBUTUAHAN PESERTA DIDIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33592/islamika.v11i1.415

Keywords:

Dimensi, Kebutuhan, Peserta Didik, Insan Kamil

Abstract

ABSTARAK

 

IRAWAN: DIMENSI KEBUTUHAN PESERTA DIDIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM, Peserta didik adalah individu yang mengalami perkembangan dan perubahan, sehingga ia harus mendapatkan bimbingan dan arahan untuk membentuk sikap moral dan kepribadian. Kebutuhan peserta didik yang berupa kebutuhan fisik, sosial, mendapatkan status, mandiri, berprestasi, ingin disayangi dan dicintai, curhat, dan mendapatkan filsafat hidup harus dipenuhi oleh pendidik untuk menunjang perkembangan dan pembentukan sikap moral peserta didik sebagai insan kamil. Peserta didik memiliki beberapa dimensi penting yang mempengaruhi akan perkembangan peserta didik, dimensi ini harus diperhatikan secara baik oleh pendidik dalam rangka mencetak peserta didik yang berakhlak mulia dan dapat disebut sebagai insan kamil. Peserta didik akan melampaui kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual ketika ia telah mencapai tingkatan ilmu yang melebihi tingkatan kecerdasan qalbiyah, yaitu kecerdasan agama. Etika peserta didik dalam proses pendidikan Islam sangatlah berperan penting dalam proses perkembangan dan pencapaian peserta didik sebagai insan kamil.

References

Ahmadi Abu dan Uhbiyati Nur, Ilmu Pendidikan, (Jakarta: Rineka Cipta, 2006), Cet. Ke-2.

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Kalam Mulia, (Jakarta: Kalam Mulia, 2006)

Supriono Widodo, Filsafat Manusia dalam Islam: Reformasi Filsafat Pendidikan Islam, (Yogyakarta, Pustaka Belajar, 1996)

Al-Ghazali, Mi’raj as-Salikhin, al-saqafat al-islamiyat, (Kairo, al-saqafat al-islamiyat, 1994)

Golmen Daniel, Kecerdasan Emosional, (Jakarta: Gramediya 1999), Cet.Ke-9.

Ginanjar Agustian Ari, Emotional Spiritual Quotient : Berdasarkan 6 Rukun Iman dan 5 Rukun Islam, (Jakarta: Arga, Jakarta, 2011)

Mujid Abdul, Psikologi Agama, (Jakarta: Kalam Mulia, 2004)

Downloads

Published

2020-01-30