TELAAH KOMPONEN DAN PENDEKATAN PENGEMBANGAN KURIKULUM
DOI:
https://doi.org/10.33592/islamika.v11i2.433Abstract
Abstrak
Kurikulum merupakan langkah pendekatan dalam sebuah proses belajar mengajar yang mempengaruhi model sebuah pendidikan diterapkan di sekolah. Pengembangan kurikulum memberikan nilai-nilai dan aspek pembelajaran yang mutakhir kepada peserta didik sehingga kurikulum tersebut memberikan andil yang cukup besar terhadap nilai-nilai karakter yang akan dimiliki oleh siswa. Oleh karena itu, pengembangan kurikulum di sekolah sebagai khasanah memperjelas pengetahuan dibidang ilmu pendidikan.
References
Arifin, Zainal. 2011. Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Hamalik Oemar, Proses Belajar Mengejar, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2009)
Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.
Hidayat, Syarif. 2013. Teori dan Prinsip Pendidikan. Tangerang: Pustaka Mandiri
http://lesmananugraha.blogspot.co.id/2014/09/pengertian-kurikulum-dan-komponen.html
http://zuniaervin.blogspot.co.id/2014/11/komponen-komponen-kurikulum.html
Ihsan, Fuad. 2011. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Nasution, S. 2006. Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta : Bumi Aksara.
Sanjaya Wina, Kurikulum dan Pembelajaran, (Jakarta: Kencana, 2008)
Subandijah. 1993. Pengembangan dan Inovasi Kurikulum. Jakarta : PT Raja Grafindo.
Sukmadinata, Nana Syaodih Sukmadinata. 1997. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Suryosubroto, Tatalaksana Kurikulum, (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2005)
Tarigan, Henry Guntur. 1993. Dasar-Dasar Kurikulum Bahasa. Bandung : Angkasa Bandung.
Team Pembina Mata Kuliah Didaktik Metodik. 1995. Pengantar Didaktik Metodik Kurikulum PBM.Jakarta : Grafindo Persada.
Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran, Kurikulum Pembelajaran, (Jakarta: Rajawali Pers, 2015)