MODEL WORK INTEGRATED LEARNING (WIL) DALAM PENDIDIKAN PROGRAM PKL DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN KESEHATAN DI KOTA TANGERANG

Authors

  • Turizal Husein Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Abdul Basyit
  • Agus Salim
  • J. Anhar Rabi Hamsah Tis’ah
  • R Tommy Gumelar

DOI:

https://doi.org/10.33592/islamika.v18i01.5251

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan membuktikan (1) Program Praktik Kerja Lapangan Pada
Sekolah Menengah Kejuruan Kesehatan di Kota Tangerang. (2) Hambatan Program Praktik Kerja Lapangan
dan Pelaksanaannya di Dunia Kerja bagi Lulusan SMK Kesehatan di Kota Tangerang(3) Model Kerjasama
yang Efektif dalam Pelasanaan Program Praktik Kerja Lapangan SMK Kesehatan di Kota Tangerang dengan
Dunia kerja. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan Fenomenologi. Lokasi
penelitian ini dilakukan di salah satu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kesehatan di Kota Tangerang
Program Keahlian Keperawatan. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi,
dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Masih terjadi hubungan yang lemah antara
institusi pendidikan dan dunia industri yang mengarah pada implementasi yang tidak efektif, sehingga
menyulitkan peserta PKL seperti untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan kompetensi yang mereka
miliki (2) Beberapa hambatan Program Praktik Kerja Lapangan dan Pelaksanaannya di Dunia Kerja bagi
Lulusan SMK Kesehatan Kota Tangerang adalah masih terbatasnya tempat untuk pelaksanaan PKL dan
masih ada beberapa Rumah Sakit dan Puskesmas yang menolak peserta PKL dari SMK Kesehatan (3) Model
Work-Integrated Learning (WIL) mampu meningkatkan kualitas pengalaman PKL dan pilihan karir yang
tepat dan bekerja sama menggunakan pola inti-plasma, pola waralaba, pola perdagangan umum, pola
kerjasama operasional, dan pola kemitraan.

Published

2024-09-27