KEDISIPLINAN SISWA DAN MOTIVASI BELAJAR DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN AKUNTANSI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI KABUPATEN TANGERANG
DOI:
https://doi.org/10.33592/islamika.v14i1.653Keywords:
Kedisiplinan, Motivasi Belajar, Prestasi BelajarAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kedisiplinan siswa dan motivasi belajar dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada pelajaran akuntansi. Jumlah populasi sebanyak 593 orang siswa, teknik penarikan sampel Proportional Random Sampling. Sampel dari penelitian ini adalah berjumlah 60 orang siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Korelasi dan Regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan kedisiplinan siswa dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar akuntansi. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Fo = 23,304 dan Sig. 0,000 < 0,05. Secara bersama-sama kedisiplinan siswa dan motivasi belajar memberikan kontribusi sebesar 45,0 % terhadap variable prestasi belajar akuntansi.
References
Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Aunurrahman. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.
Depdiknas Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang Repulik Indonesia Nomor 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.
Depdiknas. 2005. Standar Nasional Pendidikan. Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005. Jakarta.
Djaali. H. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Djamarah, Syaeful Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta
Hamalik, Oemar. 2010. Psikoligi Belajar dan Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algesindo
_______2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT Bumi Aksara
Hasibuan, H. Malayu SP. 1996. Organisasi dan Motivasi. Jakarta : Bumi Aksara.
Hidayat, Syarief. 2013. Teori dan Prinsip Pendidikan. Jakarta: Pustaka Mandiri
Pusat Bahasa Depdiknas. 2001. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.
Rasyad, Aminuddin. 2003. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Asdi Mahasatya
Sarwono, Jonatan. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta : Graha Ilmu
Semiawan, Conny R. 2009. Penerapan Pembelajaran Pada Anak-anak. Jakarta. Indeks
Singarimbun, Masri & Sofian Efendi (ed). 2012. Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2003. Metode Penelitian. Bandung : CV. Alpabeta.