PENGARUH SUMBERDAYA MANUSIA DAN INFRASTRUKTUR SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR YANG DI MEDIASI LITERASI DIGITAL SISWA/I SMAN 5 KABUPATEN TANGERANG

Authors

  • Debi Wulandari Universitas Islam Syekh Yusuf
  • Khusaini Khusaini Universitas Islam Syeikh Yusuf
  • Estu Niana Syamiya Universitas Islam Syeikh Yusuf

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh secara simultan antara sumber daya manusia, infrastruktur sekolah terhadap prestasi belajar yang dimediasi literasi digital dan variabel kontrol sosio ekonomi siswa/i di SMAN 5 Kab. Tangerang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan menggunakan analisis path. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh terhadap 134 siswa/i.Adapun hipotesis pertama dari hasil uji F menunjukkan bahwa terdapat pengaruh sumber daya manusia dan infrastruktur terhadap literasi digital secara simultan dengan nilai signifikasinya sebesar 0,00<0,05. uji F hipotesis kedua menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh sumber daya manusia dan infrastruktur terhadap prestasi belajar secara simultan dengan nilai signifikasi sebesar 0,218 > 0,05. uji F hipotesis ketiga menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh literasi digital terhadap prestasi belajar secara parsial dengan nilai signifikasi sebesar 0,811>0,05. Uji F hipotesis keempat menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh antara sumberdaya manusia dan infrastruktur terhadap prestasi akademik yang dimediasi oleh literasi digital siswa dengan variable kontrol sosio ekonomi keluarga dengan nilai signifikasi sebesar 0,173 > 0,05.

Kata Kunci: Sumber daya manusia, Infrastruktur, literasi digital, Prestasi belajar, Sosio ekonomi keluarga.

 

Author Biography

Debi Wulandari, Universitas Islam Syekh Yusuf

Bismillah

Downloads

Published

2021-10-31

How to Cite

Wulandari, D., Khusaini, K., & Syamiya, E. N. (2021). PENGARUH SUMBERDAYA MANUSIA DAN INFRASTRUKTUR SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR YANG DI MEDIASI LITERASI DIGITAL SISWA/I SMAN 5 KABUPATEN TANGERANG. Journal of Business Education and Social, 2(2), 23–35. Retrieved from https://ejournal.unis.ac.id/index.php/JBS/article/view/2618