KARAKTER PENDIDIKAN MANDIRI SISWA PADA PENERAPAN KURIKULUM 2013
DOI:
https://doi.org/10.33592/jbes.v3i2.3435Abstract
Dalam memuat kurikulum K13, garis besar program pembelajaran dan satuan metode pembelajaran dikatakan sebagai pekerjaan rutin. Mengenai konteks materi, tidak mudah, tetap bisa ditangani karena penugasannya disesuaikan dengan kompetensi. Masalah biasanya muncul ketika mencari kesepakatan dalam pemilihan kata kerja untuk menyatakan tujuan dalam penerapan pembelajaran. Sehingga kompetensi dasar dan indikator pencapaiannya secara garis besar program pembelajaran dirasa kurang sesuai dengan yang dimaksud penyusun. Sehingga dalam suatu proses pembelajaran perlu selalu diadakan penilaian atau evaluasi agar seorang guru dapat memperoleh data yang lengkap tentang kemajuan kemampuan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencoba mendeskripsikan objek penilaian tentang karakter mandiri siswa dalam konsep kurikulum 2013.
Kata Kunci: Kurikulum 2013, Pendidikan Karakter, Kemandirian.