PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • Siti Ropiah universitas islam syekh yusuf

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris tentang ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair and Share (TPS) dan menggunakan model pembelajaran Meaningful Intructional Design (MID) di kelas X MAN 1 Kota Tangerang. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah quasi eksperimen design. Subyek yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang ditemukan terdapat selisih dari posttest dan pretest kelas eksperimen adalah 21,25, sedangkan kelas kontrol adalah 14,93 yang berarti terdapat perbedaan sebesar 6,32 Hasil uji hipot esis dapat dilihat nilai thitung sebesar 4,507 tabel distribusi t dicari α = 5%. Nilai ttabel dilihat pada tabel uji-t dua sisi dengan df 78 yaitu sebesar 1,990. Uji hipotesis menyatakan nilai thitung > ttabel (4,507 > 1,990) sehingga Ho ditolak. Maka, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Think Pair and Share (TPS) dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Meaningful Intructional Design (MID) pada mata pelajaran ekonomi materi badan usaha siswa kelas X IPS di MAN 1 Kota Tangerang.

Published

2024-01-02

How to Cite

ropiah, siti. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Journal of Business Education and Social, 4(2), 35–44. Retrieved from https://ejournal.unis.ac.id/index.php/JBS/article/view/4463