PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMPN 1 CIBINGBIN
DOI:
https://doi.org/10.33592/jbes.v6i1.7338Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penggunaan media sosial TikTok terhadap karakter religius siswa kelas VIII di SMPN 1 Cibingbin serta upaya Guru PAI dalam mengatasi dampaknya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Keabsahan data diuji dengan triangulasi sumber, teknik pengumpulan data, dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan TikTok berdampak positif terhadap karakter religius siswa, seperti melalui konten dakwah, sholawat, murottal, dan kata-kata mutiara islami yang menginspirasi siswa untuk meningkatkan ketaatan terhadap ajaran agama Islam. Namun, ada juga dampak negatif seperti penggunaan bahasa yang kurang sopan, berkurangnya waktu untuk kegiatan religius dan belajar, menunda waktu sholat, serta paparan terhadap konten yang tidak pantas. Untuk mengatasi dampak penggunaan TikTok terhadap karakter religius siswa, guru PAI dan pihak sekolah melakukan berbagai upaya. Salah satu upaya mendukung kegiatan positif adalah dengan menyediakan fasilitas seperti Wi-Fi, ekstrakurikuler multimedia, serta memberikan dukungan moril kepada siswa yang menggunakan media sosial untuk tujuan yang bermanfaat. Upaya pencegahan dilakukan dengan memberikan edukasi tentang penggunaan media sosial yang bijak, berkolaborasi dengan pihak eksternal, meningkatkan pengawasan orang tua, serta memberikan teguran dan sanksi kepada siswa yang terlibat dalam aktivitas negatif. Pembiasaan kegiatan keagamaan dan ekstrakurikuler Rohani Islam juga diperkenalkan untuk memperkuat karakter religius siswa di era digital ini.