Responsivitas Pelayanan terhadap Pasien Lansia di Puskesmas Gandus Kota Palembang

Authors

  • Husni Holqiah Universitas Indo Global Mandiri
  • Isabella Isabella Universitas Indo Global Mandiri
  • Doris Febriyanti Universitas Indo Global Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.33592/jiia.v12i1.2832

Abstract

Permenkes RI Nomor 67 tahun 2015 menyatakan penyelenggaraan pelayanan kesehatan lansia di Puskesmas dilaksanakan dengan memberikan pelayanan yang bermutu, dan santun terhadap pasien lansia. Memberikan kemudahan dalam pelayanan kepada pasien lansia, seperti memiliki alur pelayanan pasien lansia yang jelas dan mudah, mengutamakan lansia dari pasien umum dan mengingat lemahnya daya tahan tubuh pada lansia. Namun dalam pelaksanaannya masih terdapat keluhan pasien mengenai waktu pelayanan dan ketidakpuasan pelanggan, fenomena ini juga dialami di Puskesmas lain. Hal ini dapat menjadi indikasi kurang tanggapnya pihak Puskesmas dalam menangani atau merespon permasalahan. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui responsivitas pelayanan kepada pasien lansia di Puskesmas Gandus Kota Palembang. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, yang di dapat data observasi, wawancara dan studi dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Penelitian ini menggunakan teori responsivitas dalam pelayanan publik untuk mengukur responsivitas Puskesmas Gandus. Berdasarkan hasil penelitian, daya tanggap pelayanan terhadap pasien lansia masih perlu ditingkatkan. Pendaftaran online seperti aplikasi, website atau dapat memalui via whatsapp sangat diharapkan agar tidak perlu terlalu lama menunggu layanan pendaftaran.

Published

2022-08-26

How to Cite

Holqiah, H., Isabella, I., & Febriyanti, D. (2022). Responsivitas Pelayanan terhadap Pasien Lansia di Puskesmas Gandus Kota Palembang. JURNAL ILMIAH ILMU ADMINISTRASI, 12(1), 52–66. https://doi.org/10.33592/jiia.v12i1.2832