Inovasi Pelayanan Publik pada Sistem Pembayaran Bank Indonesia Banten

Authors

  • Anisa Ayuning Tyas Universitas Islam Syekh-Yusuf
  • Idhotun Nafiah Universitas Islam Syekh-Yusuf
  • Eko Prasetyo Universitas Islam Syekh-Yusuf

DOI:

https://doi.org/10.33592/jiia.v12i2.3249

Abstract

Inovasi pelayanan sektor publik merupakan tuntutan sekaligus kebutuhan, karena setiap negara mendorong lahirnya inovasi agar tetap kompetitif. Indonesia dengan indeks inovasi globalnya berada pada peringkat 87 dari 132 negara, membutuhkan lompatan yang tajam agar kinerja inovasi mampu meningkatkan daya saingnya. Termasuk di dalamnya adalah Bank Indonesia yang merupakan bagian dari sektor publik, melahirkan berbagai inovasi dalam sistem pembayaran ritel, salah satunya adalah BI FAST dan QRIS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tipologi inovasi sektor publik dari inovasi Bank Indonesia berupa BI FAST dan QRIS. Selain itu, penelitian ini bertujuan mengkaji persepsi pengguna terhadap BI FAST dan QRIS dari aspek perolehan informasi, manfaat, masalah yang dihadapi dan tingkat kepuasan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan informan berasal dari Bank Indonesia dan para pengguna BI FAST dan QRIS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan konsep tipologi inovasi yang dikemukakan oleh Chen dkk, maka inovasi yang dilakukan oleh Bank Indonesia melalui BI FAST dan QRIS termasuk dalam tipologi inovasi kebijakan. Selain itu, penelitian memberikan gambaran bahwa persepsi pengguna terhadap BI FAST dan QRIS sebagai produk inovasi adalah sangat positif.


Kata kunci :inovasi, pelayanan publik, sistem pembayaran, BI FAST, QRIS

Published

2022-10-18

How to Cite

Tyas, A. A., Nafiah, I., & Prasetyo, E. (2022). Inovasi Pelayanan Publik pada Sistem Pembayaran Bank Indonesia Banten. JURNAL ILMIAH ILMU ADMINISTRASI, 12(2), 136–146. https://doi.org/10.33592/jiia.v12i2.3249