Optimalisasi Pelayanan Terdepan Berbasis Online (Petaba On) Dalam Penerbitan KTP Elektronik (E-Ktp) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pidie
DOI:
https://doi.org/10.33592/jiia.v14i1.3373Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menelaah bagaimana optimalisasi pelayanan terdepan berbasis online (Petaba On) dalam penerbitan KTP Elektronik (e-KTP) di Dinas Dukcapil Kabupaten Pidie. Penelitian ini juga menganalisis hambatan yang dihadapi dan upaya yang dilakukan untuk mengoptimalkan Petaba On agar mencapai tujuan yang ditetapkan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan induktif, sementara data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemilihan informan utama dilakukan menggunakan purposive sampling, sedangkan untuk masyarakat menggunakan accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Petaba On dalam penerbitan e- KTP belum berjalan optimal jika dilihat dari dimensi efisiensi dan efektifitas. Jika ditinjau dari dimensi ekonomis, Petaba On telah optimal dikarenakan dapat menghemat waktu, mempersingkat jarak tempuh, dan mengurangi biaya yang harus dikeluarkan publik. Hambatan yang dialami selama pelaksanaan Petaba On ini antara lain adalah kurangnya anggaran untuk operasional Petaba On, minimnya SDM baik dari segi kualitas dan kuantitas, dan sarana dan prasarana yang belum memadai. Adapun upaya yang dilakukan untuk optimalisasi Petaba On adalah dengan menyusun kembali rencana kerja anggaran yang lebih mengakomodasi suksesnya program tersebut, pembentukan Petugas Registrasi Gampong (PRG) yang lebih baik, dan meningkatkan koordinasi di level kecamatan.
Kata Kunci: e-KTP, Pelayanan Administrasi, Pencatatan Sipil, Petaba On.