Quality Of Service For Baby Birth Certificate Using Klampid New Generation (Kng) In Bulak Sub District, Surabaya City

Authors

  • Karina Dora Margaretha Am'una UPN "Veteran" Jawa Timur
  • Diana Hertati

DOI:

https://doi.org/10.33592/jiia.v13i01.3617

Abstract

Kualitas pelayanan publik ditunjukkan oleh perbandingan antara harapan masyarakat sebagai konsumen dengan kualitas kinerja para penyedia jasa pelayanan. Salah satu wujud dari pelayanan publik yaitu pelayanan administrasi kependudukan dalam pengurusan akta kelahiran bayi.  Adapun tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis kualitas pelayanan akta kelahiran bayi menggunakan Klampid New Generation (KNG) di Kelurahan Bulak Kota Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dan menggunakan teori Zeithaml yang menyatakan adanya lima indikator untuk menilai kualitas pelayanan publik. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan akta kelahiran bayi di Kelurahan Bulak Kota Surabaya termasuk dalam penilaian baik, dimana dari lima indikator hanya ditemukan kekurangan pada satu indikator, yaitu indikator tangible. Sedangkan pada indikator reliability, responsivess, assurance  dan emphaty sudah termasuk dalam penilaian sangat baik.

Published

2023-07-21

How to Cite

Am’una, K. D. M., & Hertati, D. (2023). Quality Of Service For Baby Birth Certificate Using Klampid New Generation (Kng) In Bulak Sub District, Surabaya City. JURNAL ILMIAH ILMU ADMINISTRASI, 13(1), 1–7. https://doi.org/10.33592/jiia.v13i01.3617