Optimalisasi Penerapan E-Government Pada Program SISABAR Dalam Upaya Meningkatkan Perlindungan Anak (Studi Kasus Dinas Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Kabupaten Tangerang)

Authors

  • Okta Viani Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang
  • Agus Suherman
  • Pri Utami

Abstract

E-Government merupakan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk menunjang program yang dibuat oleh pemerintah. Salah satu bentuk penerapan e-Government ada pada Program SISABAR untuk menangani kasus pelaporan kekerasan pada anak agar anak merasa semakin terlindungi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan e-Government pada Program SISABAR serta mengetahui hambatan dan serta upaya pengoptimalisasian oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Tangerang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dan di analisis menggunakan tiga indikator keberhasilan yaitu support, capacity, dan value. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan e-Government di Kabupaten Tangerang pada Program SISABAR sudah dinilai optimal karena dinilai dari indikator pertama yaitu support yang diberikan sudah baik dilihat dari dukungan dinas terkait serta masyarakat. Namun, belum adanya landasan yuridis secara khusus yang mengatur Program SISABAR itu sendiri. Sementara untuk indikator capacity ketersediaan sumber daya manusia, ketersediaan infrastruktur teknologi sudah memadai, namun sumber daya finansial dalam pengalokasian jaringan internet menjadi penghambat pelaksanaa e-Government. Kemudian indikator value sudah baik dilihat dari manfaat yang dirasakan oleh aparatur kecamatan dan dinas terkait serta masyarakat yang menjadi pelapor sudah menerima pelayanan dengan baik.

Published

2023-12-13

How to Cite

Viani, O., Suherman, A., & Utami, P. (2023). Optimalisasi Penerapan E-Government Pada Program SISABAR Dalam Upaya Meningkatkan Perlindungan Anak (Studi Kasus Dinas Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Kabupaten Tangerang). JURNAL ILMIAH ILMU ADMINISTRASI, 13(2), 83–93. Retrieved from https://ejournal.unis.ac.id/index.php/JIIA/article/view/3822