Peran Strategis Pemerintah Kota Tangerang pada Peningkatan Daya Saing Produk Usaha Mikro Kecil Menengah

Studi Kasus pada Usaha Ikan Bandeng Presto

Authors

  • Hilman Hilman UNIS Islam Syekh Yusuf
  • Lita Fitriyani

DOI:

https://doi.org/10.33592/jiia.v15i1.7492

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya fakta bahwa pasca Covid 19 telah terjadi dampak terhadap para pelaku usaha mikro kecil dan menengah terhadap jumlah produksi, omset penjualan, dan strategi pemasaran produk. Hal ini akibat adanya pergeseran perilaku konsumen hampir disemua level masyarakat. Metode yang digunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara dengan pelaku uasaha dan analisis data terkait strategi pemasaran melalui inovasi dan diversifikasi produk Usaha mikro kecil dan menengah usaha ikan Bandeng presto yang beralamat  di jalan AMD  3 No.6 RT.001/RW.7, Gandasari kecamatan Jatiuwung kota Tangerang. Hasil utama menunjukan bahwa adanya penurunan daya beli masyarakat yang berdampak pada penurunan omset penjualan. Persaingan dengan harga-harga yang lebih tinggi akibat kenaikan harga bahan baku dan kekuatan per kapita yang naik. Keterbatasan dalam memasarkan produk secara luas dan efektif, terutama dalam kondisi daya beli yang menurun. Tidak adanya pegawai tetap yang dapat membantu dalam proses produksi dan pemasaran.lemahnya peran pemerintah daerah kota Tangerang dalam melakukan pendampingan serta bantuan modal usaha. Berdasarkan analisis pada usaha ikan bandeng presto ini diperoleh strategi prioritas untuk diterapkan dalam pemasaran produk ikan bandeng presto yaitu dengan memanfaatkan teknologi informasi sebagai sarana promosi, mengembangkan produk melalui kemasan (branding) yang dapat meningkatkan daya tarik dan daya saing produk, dan menjalin hubungan kerjasama dengan para pemasok.

 

Kata Kunci: UMKM, Strategi Pemasaran, pemerintah daerah

References

Mohamad, R., & Niode, I. Y. (2020). Analisis strategi daya saing (competitive advantage) Kopia Karanji Gorontalo. Oikos Nomos: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Bisnis, 13(1), 1-14.

Saefullah, A., & Arnu, A. P. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing Produk UMKM Ayam Dan Ikan Bareng (Bakar Goreng). Eksis: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 13(1), 1-4.

Wulandari, T. T., & Lamsah, D. W. A. ANALISIS STARATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN UMKM IKAN BANDENG PRESTO DI KOTA BANJARBARU.

https://www.tangerangkota.go.id/berita/detail/39545/adanya-pelatihan-mampu-tingkatkan-kualitas-produk-umkm-kota-tangerang

Dewi, M., Hubeis, M., & Riani, E. (2020). Strategi Pemasaran UMKM Dalam Meningkatkan Daya Saing di Pasar Ritel Modern Carrefour (Kasus PT MadaniFood, Jakarta). MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 15(1), 77-83.

Agustian, E., Mutiara, I., & Rozi, A. (2020). Analisis strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing umkm kota jambi. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 5(2), 257-262.

Poluan, F. M., Mandey, S., & Ogi, I. W. (2019). Strategi marketing mix dalam meningkatkan volume penjualan (studi pada minuman kesehatan instant ALVERO). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(3).

Noviastuti, N., & Nurhayati, N. (2022). Upaya meningkatkan penjualan menggunakan metode marketing mix di PT. Mega Finance Yogyakarta. Jurnal Nusantara, 5(1), 30-37.

Fachriza, F. I., & Moeliono, N. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Rokok Mild. Jurnal Ecodemica, 1(2), 2355-0295.

Rizqy, D., & Rahardjo, B. (2023). Analisis Penggunaan Instagram Sebagai Media Pemasaran Digital:(Studi Deskriptif Pada Akun@ assyaffa. homedecor). Transformasi: Journal of Economics and Business Management, 2(1), 188-199.

Anggraini, A., Wulandari, D., & Utama, R. E. (2023). STRATEGI INOVASI TEKNOLOGI TERHADAP DAYA SAING UMKM. Musytari: Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi, 2(2), 131-140.

Buchori, A., Auladi, I., Ferinudin, R., Puspita, A., Pengesti, D. R., Kafita, L. L., ... & Apriliani, R. A. E. (2022). PENGARUH KARAKTERISTIK WIRAUSAHA, MODAL USAHA DAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PERKEMBANGAN UMKM GULA JAWA DI DESA JONGGLOSARI KECAMATAN LEKSONO KABUPATEN WONOSOBO. Community: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 32-56.

Siregar, R., & Marliyah, M. (2022). Efektivitas Peran Koperasi dalam Pengembangan Usaha Kecil di Kota Medan. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(2), 55-60.

Nurgiyanti, T., & Fithriya, D. N. L. (2019, November). PEMANFAATAN LITERASI DIGITAL SEBAGAI UPAYA PEMERINTAH INDONESIA DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING PRODUK KOSMETIK INDONESIA MELALUI ECOMMERCE. In Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu (Vol. 1, No. 2, pp. 101-109).

Published

2025-07-09

How to Cite

Hilman, H., & Fitriyani, L. . (2025). Peran Strategis Pemerintah Kota Tangerang pada Peningkatan Daya Saing Produk Usaha Mikro Kecil Menengah : Studi Kasus pada Usaha Ikan Bandeng Presto. JURNAL ILMIAH ILMU ADMINISTRASI, 15(1), 92–99. https://doi.org/10.33592/jiia.v15i1.7492