ANALISIS IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS MOBILE PADA PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS ISLAM SYEH-YUSUF
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang penerapan kebijakan pembelajaran berbasis mobile serta hasilnya dalam meningkatkan kepuasan mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran pada Program Pascasarjana Universitas Islam Syekh-Yusuf (PPs UNIS) Tangerang. Penelitian menggunakan metode deskriptif, yaitu menggambarkan secara objektif mengenai penerapan kebijakan pembelajaran berbasis mobile dan hasilnya berupa tingkat kepuasan mahasiswa. Penelitian memberikan hasil penerapan pembelajaran berbasis mobile direspon oleh mahasiswa dengan kategori sangat positif sebanyak 12,5%, kategori positif 52,1%, dan kategori ragu-ragu 35,4%. Ini berarti sebagian besar mahasiswa, yaitu 52,1% memandang bahwa pembelajaran berbasis mobile yang diterapkan di Program Pascasarjana UNIS itu mempermudah pemahaman materi pembelajaran, memperkuat fokus, serta membantu proses pembelajaran, dan meningkatkan motivasi pembelajaran. Sementara itu rerata respons mahasiswa diperoleh sebesar 33. Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa menilai penerapan pembelajaran berbasis mobile pada mata kuliah metodologi penelitian adalah positif. Temuan ini memberi implikasi tentang urgensi e-learning, yang berfokus pada penggunaan internet dan ICT lainnya akan berpengaruh terhadap kurikulum dan teknologi pembelajaran di UNIS dan dunia perguruan tinggi umumnya pada masa depan.
Kata Kunci: Mobile Learning, Mahasiswa, Universitas