KUALITAS BUTIR SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) YANG DISUSUN GURU MADRASAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas soal pilihan ganda pada Evaluasi Akhir Mata Pelajaran Fiqih Kelas IX di MTs Negeri 3 Kota Bekasi. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan desain penelitian evaluatif yang dilaksanakan di ruang lingkup kelas IX MTs yang berlokasi di MTs Negeri 3 Kota Bekasi. Subjek penelitian ini meliputi seluruh populasi yaitu seluruh butir soal pilihan ganda mata pelajaran fiqih akhir semester pada siswa kelas IX di MTs Negeri 3 Kota Bekasi tahun pelajaran 2018/2019. Data diperoleh dengan menggunakan teknik angket soal pilihan ganda yang digunakan sebagai instrumen pengumpulan data untuk meneliti soal ditinjau dari aspek materi, konstruksi, dan bahasa. Data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif. Analisis kuantitatif dilakukan dengan bantuan program komputer SPSS dan Iteman, untuk menentukan validitas, reliabilitas Alpha-Cronbach dan analisis butir yang meliputi Indeks Kesulitan (ITK), Indeks Daya Beda (IDB), dan keefektifan distraktor. Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) soal pilihan ganda kelas IX sudah cukup memenuhi standar validitas 65% yang dinyatakan valid; 2) indeks reliabilitas soal pilihan ganda kelas IX tinggi, yaitu 0,745; 3) Tingkat kesukaran soal pilihan ganda kelas IX cukup baik yaitu 65% yang termasuk dalam kriteria interval; 4) Perbedaan kekuatan soal pilihan ganda pada kelas IX sangat baik, yaitu 90% yang memiliki daya layak; 5) Keefektifan soal pilihan ganda kelas IX cukup baik yaitu 60% dengan semua distraktor sudah efektif.
Kata Kunci: Analisis Butir, Evaluasi Akhir Semester, SPSS dan ITEMAN