ANALISIS PELAKSANAAN PENDIDIKAN ANAK YANG MENJALANI PIDANA DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK

Authors

  • Chandra Sujana Politeknik Ilmu Pemasyarakatan

Abstract

Setiap warga negara Indonesia wajib mengikuti pendidikan dasar. Anak didik pemasyarakatan yang notabene adalah pelaku tindak kriminal tetap mendapatkan hak-haknya untuk memperoleh pendidikan yang layak, salah satunya dengan mengikuti pendidikan kesetaraan kejar Paket A, Paket B, dan Paket C. Anak yang sedang menjalani pidana berhak mendapatkan pendidikan yang sama dengan anak normal lainnya. Selama ini tingkat pendidikan Anak Bermasalah dengan Hukum (ABH) kurang diperhatikan dari sisi tenaga pendidik maupun fasilitas yang ada di LPKA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan kejar paket yang di laksanakan di LPKA. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan observasi langsung sebagai data primer. Data sekunder berupa studi literatur yang bersumber dari akun resmi yang telah terverifikasi dan akun resmi pemerintah. Hasil penelitian menunjukan beberapa factor yang muncul pada proses pendidikan mereka yaitu kurangnya tenaga pendidik, kurangnya fokus saat pembelajaran dan metode yang monoton saat proses pembelajaran.

Kata Kunci: Anak, Pendidikan, Sistem Peradilan Pidana Anak

Downloads

Published

2021-10-30

How to Cite

Sujana, C. (2021). ANALISIS PELAKSANAAN PENDIDIKAN ANAK YANG MENJALANI PIDANA DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK. JIPIS, 30(2), 103–112. Retrieved from https://ejournal.unis.ac.id/index.php/JIPIS/article/view/1855

Issue

Section

Articles