PENGARUH METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Authors

  • M. Ardiansyah Universitas Indraprasta PGRI
  • Mohamad Lutfi Nugraha Universitas Indraprasta PGRI
  • Barda Hudaya Universitas Indraprasta PGRI

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah a). untuk mengetahui pengaruh metode Teams games tournament terhadap hasil belajar matematika, b). mengetahui pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar matematika, dan c). mengetahui pengaruh interaksi metode teams games tornament dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika peserta didik Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) Perti Jakarta Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Eksperimen. Dengan jumlah sampel masing-masing kelompok sebanyak 20 orang yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang  digunakan adalah Instrument test yang berbentuk pilihan ganda sebanyak 30 soal dan 2 alternatif jawaban. Jenis pengujian yang digunakan adalah Anova dua jalur. Hasil analisa menunjukkan bahwa kelompok yang diajarkan dengan metode teams games tournament memperoleh hasil belajar matematika yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok yang diajarkan dengan metode ekspositori, dan kelompok yang mempunyai minat belajar yang tinggi memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok siswa minat rendah, serta terbukti juga adanya pengaruh interaksi antara penggunaan metode Teams games tournament dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa.

Kata Kunci: Metode Teams Games Tournament, Minat Belajar, Hasil Belajar Matematika.

Downloads

Published

2021-10-29

How to Cite

Ardiansyah, M., Nugraha, M. L., & Hudaya, B. (2021). PENGARUH METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. JIPIS, 30(2), 113–119. Retrieved from https://ejournal.unis.ac.id/index.php/JIPIS/article/view/1859

Issue

Section

Articles