HUBUNGAN PENGGUNA MEDIA PORTAL INTERNAL DENGAN SIKAP KARYAWAN PADA PERUSAHAAN
DOI:
https://doi.org/10.33592/jipis.v31i2.3015Keywords:
media portal, public relation, sikap karyawanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur hubungan portal media dengan sikap pegawai internal di Perusahaan Telkom Jambi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori perubahan sikap. Pendekatan metode yang digunakan adalah korelasional dengan menggunakan probability sampling dengan melibatkan 104 responden. Pengujian hipotesis menggunakan analisis statistic inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel bebas yaitu intensitas portal media internal, isi pesan media portal internal, daya tarik media dan media Portal internal secara parsial diteliti dan secara simultan memiliki hubungan yang signifikan dengan Sikap Pegawai PT. TELKOM Tbk. Kesimpulannya adalah intensitas interaksi media portal, portal media dan isi pesan media portal memiliki hubungan dengan pengetahuan pegawai berupa pemahaman pegawai, rasa senang pegawai dan pegawai selalu mengikuti informasi yang disediakan di Media Portal.
References
Arikunto, S. (2015). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Harningsih, S. (2005). Teknologi Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Jalaludin, R. (2019). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Jalaludin, R. (2018). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Kriyanto, R. (2007). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Prenada Media group.
Littlejohn, S. W. (1996). Theory of Human Communication. Ohio: Charles E Merril Company.
Mc Quail, D. (1996). Teori Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Jakarta: Erlangga.
Rosady, R. (2016). Manajemen Humas dan Manajemen Komunikasi; Konsepsi dan Aplikasi . Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Rosady, R. (2012). Manajemen Public Relations. Jakarta: Rajawali Pers.
Saifudin, A. (2007). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya Ed 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Siagian, S. P. (1999). Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.
Siegel, S. (2000). Statistik Nonparametrik untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Gramedia.
Siregar, A. (2000). Bagaimana Mengelola Media Korporasi-Organisasi. Yogyakarta: Kanisius.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Syam, Nina W. (2010). Komunikasi Pariwisata di Indonesia. Bandung: NEWS Publishing
Zulkifli, A. (1997). Manajemen Sistem Informasi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.