MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI METODE PREVIEW, QUESTION, READ, STATE, DAN TEST (PQRST)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca melalui metode PQRST . Metode PQRST merupakan metode pembelajaran yang mempunyai beberapa tahap. Pembelajaran membaca sangat penting bagi pengembangan pembelajaran bahasa. Siswa masi minim dalam minat membaca, dan kurangnya variasi dari metode pembelajaran membaca di kelas. Metode yang digunakan menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini yaitu (1) lembar observasi untuk menilai keaktifan siswa, (2) angket untuk mengetahui minat siswa (3) tes tulis untuk mengetahui hasil belajar,khususnya membaca pemahaman. Analisa data menggunakan prosentase untuk menggambarkan keaktifan siswa, minat, dan prosentase ketuntasan klasikal dalam satu kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, metode PQRST dapat meningkatkan kemampuan membaca. Metode ini dapat diterapkan dalam proses pembelajaran yang dominan belajarnya yaitu harus membaca, seperti pelajaran Bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Dengan penerapan metode PQRST dapat meningkatkan keaktifan siswa baik secara individu maupun kelompok, sehingga pemahaman siswa terhadap bacaan mengalami peningkatanReferences
Ati, A. P., & Widiyarto, S. (2019). Pembinaan Karakter Melalui Kegiatan Membaca Kritis Pada Siswa SMP Kota Bekasi. MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 39-42.
Edward Anthony. 1963. Approach, Method, and Technique. From English Language Teaching, volume 17, January: pp 63-67. British: Oxford University Press
Farida Rahim. 2007. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara
Juita, H. R., & Widiyarto, S. (2019, March). The Effectiveness of Cooperative Learning Methods: A case study of writing learning at Junior High School. In Second Conference on Language, Literature,
Suyana, N., Ati, A. P., & Widiyarto, S. (2019). Metode Partisipatori untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Argumentasi Pada Siswa MTs Nurul Hikmah Kota Bekasi. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 2(2), 80-86
Miqawati, A. H., & Sulistyo, G. H. (2014). The PQRST strategy, reading comprehension, and learning styles. Indonesian Journal of Applied Linguistics, Vol. 4 No. 1, July 2014,, 123-139
Darmiyati Zuchdi. 2007. Strategi Meningkatkan Kemampuan Membaca: Peningkatan Komprehensi. Yogyakarta: UNY Press
Widiyarto, S. (2017). Peningkatan Reading Comprehension Siswa SD melalui Penggunaan Media Kamus Bergambar Bahasa Inggris. Jurnal Basicedu, 1(1), 73-78.