PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LEARNING TOGETHER (LT) DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS X IIS 5 SMA NEGERI 1 MALILI (STUDI PADA MATERI POKOK IKATAN KIMIA)
Abstract
Abstrak
Â
Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana mengimplementasikan Learning Together (LT) dengan pendekatan Konstruktivisme untuk meningkatkan kegiatan belajar siswa Kelas X IIS 5 SMA Negeri 1 Malili. Ada empat tahapan dalam penelitian ini, yaitu: (1) perencanaan, (2) implementasi (3) observasi, dan (4) refleksi. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Hasil data menunjukkan bahwa pembelajaran LT dengan pendekatan konstruktivis dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa Kelas X IIS 5 SMA Negeri 1 Malili, Kabupaten Luwu Timur yang terdiri dari 6 fase, yaitu: (1) fase pendahuluan, (2) fase penyajian materi, (3) fase diskusi, (4) fase presentasi, (5) fase penghargaan, dan (6) ) fase pemberian kesimpulan. Persentase aktivitas siswa meningkat sebesar 28,20%. Nilai rata-rata hasil belajar siswa yaitu 85,24 dengan hasil belajar penguasaan meningkat sebesar 59,52%.
References
Arikunto, S. 2013. Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi aksara.
Chotimah, H., Dwitasari, Y. 2009. Strategi-strategi pembelajaran. Jakarta: Pena Gemilang.
Dahar, R. W. 2006. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Erlangga
Habsari, S. 2005. Bimbingan dan konseling SMA. Jakarta: Grafindo.
Hamalik, O. 2003. Kurikulum Dan Pembelajaran (Cet 4). Jakarta: Bumi Aksara.
Harsanto, R. 2007. Pengelolaan Kelas yang Dinamis. Yogyakarta : Kanisius
Huda, M. 2011. Cooperative learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Rusman. 2012. Model-model pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Sanjaya, W. 2006. Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Bandung: Kencana Prenada Media Group.
Sardiman. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Tinggi.