FAKTOR REVOLUSI PERILAKU KONSUMEN ERA DIGITAL : SEBUAH TINJAUAN LITERATUR
DOI:
https://doi.org/10.33592/jipis.v31i2.3286Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana perilaku konsumen membuat keputusan dengan memanfaatkan berbagai fenomena era digital untuk mendapatkan wawasan baru. Namun demikian, tinjauan literatur digunakan sebagai metode penelitian. Kemajuan teknologi telah berdampak tidak hanya pada bisnis tetapi juga pada semua aspek kehidupan. Perilaku konsumen telah berubah sebagai akibat dari era digital. Faktor yang berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumen antara lain : Budaya, harus beradaptasi dengan kemajuan teknologi karena konsumen berbelanja berbeda secara online dan offline. Psikologi memiliki dampak yang lebih besar pada perilaku konsumen di era digital, khususnya pada persepsi, motivasi, pembelajaran, keyakinan, dan sikap. Teknologi digital atau perangkat seluler telah mempengaruhi perilaku konsumen di era digital untuk lima tahap pengambilan keputusan yaitu pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, pembelian, dan pasca pembelian.