REPUTASI PERUSAHAAN MANUFKATUR SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI DI (BEI)

Nilai Perusahaan, profitabilitas, leverage

Authors

  • Mira Nur Hikmat Universitas Faletehan
  • Muhammad Angga Anggriawan Universitas Faletehan

Abstract

Nilai perusahaan dicerminkan oleh harga saham yang dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal yang mempengaruhi nilai perusahaan diantaranya profitabilitas dan leverage. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah profitabilitas dan leverage mamiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019-2021. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di BEI periode 2019-2021. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling sehingga didapat 26 perusahaan. Penelitian menggunakan jenis data sekunder dengan  metode analisis regresi berganda pada program SPSS 25. Hasil pengujian variabel profitabilitas menunjukan nilai thitung sebesar 6,426 > dari ttabel 1,992 dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05. Pada variabel leverage nilai thitung 1,348 < dari ttabel 1,992 dengan taraf signifikansi 0,182>0,05. Hasil pengujian secara simultan menunjukan nilai fhitung 23,429> ftabel 3.12 dengan nilai signifikansi 0,00<0,05. Simpulan yang dapat diambil yaitu variabel profitabilitas berpengaruh terhadap nilai perusahaan sedangkan variabel leverage tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Hasil pengujian secara simultan menunjukan profitabilitas dan leverage berpengauh terhadap nilai perusahaan.

Downloads

Published

2023-07-24

How to Cite

Hikmat, M. N., & Anggriawan, M. A. (2023). REPUTASI PERUSAHAAN MANUFKATUR SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI DI (BEI): Nilai Perusahaan, profitabilitas, leverage. JIPIS, 32(1), 51–66. Retrieved from https://ejournal.unis.ac.id/index.php/JIPIS/article/view/3480

Issue

Section

Articles