PENGARUH PEMBELAJARAN DARING DAN SUASANA BELAJAR DI RUMAH TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA SMA

Authors

  • Nabilah Nabilah Universitas Islam Syekh-Yusuf
  • Sri Lestari Universitas Islam Syekh Yusuf
  • Hudaya Latuconsina Universitas Islam Syekh-Yusuf

DOI:

https://doi.org/10.33592/jipis.v32i1.3710

Abstract

Keywords: Online Learning, Learning Environment, Learning Outcomes

References

Chasbullah, W. (2017). Implementasi Pembelajaran Berbasis Konstruktivisme Pada Pelajaran IPA di MI Nurur Rohmah Sidoarjo. Pendidikan, 4(3), 57–71. http://marefateadyan.nashriyat.ir/node/150
Daryanto, & Darmiatun. (2019). Analisis faktor kesulitan belajar, disiplin belajar Kimia siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Secanggang. Jurnal Peningkatan Mutu Pendidikan, 1(1), 49.
Dhewy, R. C. (2020). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Daring Terhadap Hasil Belajar Statistika Pada Mahasiswa STIKES Anwar Medika Sidoarjo. 14(11), 3555–3558. http://ejurnal.binawakya.or.id/index.php/MBI Open
Fuadi, T. M., Musriandi. R., &Suryani, L. (2020). Covid-19 : Penerapan Pembelajaran Daring Di Perguruan Tinggi. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 4(2), 193–200.
Habsyi, F. Y. (2020). Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Nusantara Tauro. Pendidikan Dan Ekonomi, 58(12), 7250–7257. https://doi.org/10.1128/AAC.03728-14
Hwang, G.-J., Wang, S.-Y., & Lai, C.-L. (2021). Effects of a social regulation-based online learning framework on students’ learning achievements and behaviors in mathematics. Computers & Education, 160, 104031. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.104031
Latip, A. (2020). Peran Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 108–116. https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1956
Malyana, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring dan Luring Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar Di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 67–76.
Nabillah, T., & Abadi, P. A. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Sesiomadika, 2(3), 659–663.
Nur, A., Ula, S., & A.Azizah, S. (2021). Prngaruh Penggunaan Teknologi Di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Biologi Di MAN 2 Jember. 1. https://doi.org/10.35719/alveoli.v2i1.35
Oktaviani, U., Kumawati, S., Apriliyani, M. N., Nugroho, H., & Susanti, E. (2020). Identifikasi Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Matematika Peserta Didik di SMK Negeri 1 Tonjong Identification of Factors That Cause Low Mathematics Learning Outcomes of Students in SMK Negeri 1 Tonjong. 1(1), 1–6.
Panigrahi, R., Srivastava, P. R., & Sharma, D. (2018). Online learning: Adoption, continuance, and learning outcome—A review of literature. International Journal of Information Management, 43(July 2016), 1–14. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2018.05.005
Prasetya, T. A., & Harjanto, C. T. (2020). Pengaruh mutu pembelajaran online dan tingkat kepuasan mahasiswa terhadap hasil belajar saat pandemi Covid19. Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(2), 188–197.
Prasistayanti, N. W. N., Santyasa, I. W., & Sukra Warpala, I. W. (2019). Pengaruh Desain E-Learning Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Mata Pelajaran Pemrograman Pada Siswa Smk. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2), 138. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p138--155
Purbiyanto, R., & Rustiana, S. (2018). Pengaruh Disiplin Belajar, Lingkungan Keluarga, Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 341–361.
Simamora, T., Harapan, E., & Kesumawati, N. (2020). Faktor-Faktor Determinan Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5(2), 191. https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i2.3770
Siswanto, -. (2012). Implementasi Berbagai Teori Belajar dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 5(2), 136–144. https://doi.org/10.21831/jep.v5i2.594
Sugawara, E., & Nikaido, H. (2014). Properties of AdeABC and AdeIJK efflux systems of Acinetobacter baumannii compared with those of the AcrAB-TolC system of Escherichia coli. Antimicrobial Agents and Chemotherapy, 58(12), 7250–7257. https://doi.org/10.1128/AAC.03728-14
Sulastri, N. M. (2020). Jurnal Transformasi Volume 6 Nomor 1 Edisi Maret 2020 PLS FIP IKIP Mataram i. Jurnal Transformasi, 6(September).
Tambunan, P., Ardhiansyah, M. F., & Kurniawan, M. G. (2020). Pengaruh Suasana Lingkungan Belajar Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Produktif. Jurnal PenSil, 9(3), 165–171. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i3.16674
Warawu, M. (2020). Studi Evaluatif Implementasi Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Administrasi Pendidikan, 27(2), 288–295. https://doi.org/10.17509/jap.v27i2.27081
Yudha, R. I. (2020). Pengaruh Dukungan Orang Tua, Teman Sebaya dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA PGRI 2 Kota Jambi. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 6(1), 49–58. https://doi.org/10.30653/003.202061.105
Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Nabilah, N., Lestari, S., & Latuconsina, H. (2023). PENGARUH PEMBELAJARAN DARING DAN SUASANA BELAJAR DI RUMAH TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA SMA. JIPIS, 32(1), 43–50. https://doi.org/10.33592/jipis.v32i1.3710

Issue

Section

Articles