PENTINGNYA PENDIDIKAN IPS DALAM MEMBENTUK WARGA NEGARA YANG BERBUDAYA
DOI:
https://doi.org/10.33592/jipis.v33i1.4705Abstract
Dengan memberikan pemahaman yang mendalam tentang isu-isu sosial, politik, ekonomi, dan budaya, pendidikan IPS mempersiapkan generasi muda untuk menjadi anggota masyarakat yang inklusif, toleran, dan memiliki kesadaran sosial yang tinggi. Meskipun dihadapi dengan sejumlah tantangan dalam implementasinya, peluang untuk meningkatkan efektivitas pendidikan IPS dalam membentuk warga negara yang berbudaya dapat diwujudkan melalui kerja sama antara stakeholder pendidikan, penggunaan teknologi, dan penyesuaian kurikulum dengan kebutuhan lokal. Artikel ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam, mengenai pentingnya pendidikan IPS dalam membentuk karakter warga negara yang berbudaya. Jadi dengan demikian, sangat penting untuk terus memperjuangkan pendidikan IPS sebagai fondasi bagi pembentukan karakter yang inklusif pada generasi mendatang.
References
Adnyana, K. S. (2020). Peran Ilmu Pengetahuan Sosial dalam Pembentukan Karakter. Pendidikan Dasar, 1(1), 11–20. https://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/ index.php/edukasi/article/view/523
Mahendra, P. R. A. (2023). Peran Pendidikan IPS dalam Pendidikan Multikultural. Journal on Education, 05(02), 4468–4475. http://jonedu.org/index.php/joe
Marhayani, D. A. (2018). Pembentukan Karakter Melalui Pembelajaran Ips. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(2), 67. https://doi.org/10.33603/ejpe.v5i2.261
Mursidul Amin. (2017). Peran Pembelajaran Ips Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidik Dan Pengembang Pendidikan Indonesia, 549–552.
Nursaptini, & Widodo, A. (2022). Urgensi Penguatan Pembelajaran IPS di Sekolah dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi dan Keanekaragaman Budaya. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1097–1102. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf
Rahayuni, I. G. A. A. (2023). Peran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Dalam Membentuk Karakter Pluralis Sejak Bangku Sekolah Dasar. Lampuhyang, 14(2), 73–85. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v14i2.342
Ridwan, A. E. (2016). Pendidikan IPS dalam membentuk SDM beradab. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 23(1), 27–35. https://doi.org/10.17509/jpis.v23i1.2060