INTEGRASI PENGAPLIKASIAN TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT-BASED LEARNING)

Authors

  • Bening Mujianti Rahayu Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Hery Nuraini Univesitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Sholeh Hidayat Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Luluk Asmawati Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.33592/jipis.v33i1.4838

Abstract

Proses pembelajaran menjadi hal krusial dalam ketercapaian tujuan pembelajaran pada suatu mata pelajaran. Pemilihan dan penggunaan model serta media pembelajaran yang baik diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta didik. Pembelajaran berbasis proyek memfasilitasi para pendidik dan peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran yang sudah dianalisis berdasarkan kebutuhan peserta didik. Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan penguasaan perangkat teknologi oleh siswa yang berujung pada peningkatan prestasi akademik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menginvestigasi integrasi pengaplikasian teknologi dalam pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka dengan menggunakan penelitian terdahulu sebagai acuan untuk melakukan penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara konsisten mendukung gagasan bahwa pembelajaran berbasis proyek merupakan model pembelajaran yang efektif dan inovatif yang secara signifikan dapat meningkatkan keterampilan dan pemahaman siswa dalam mengintegrasikan teknologi pada proses pembelajaran. Dengan model pembelajaran berbasis proyek peserta didik dituntut untuk berperan aktif dalam berkomunikasi, memecahkan masalah, kreatif, dan mampu berpikir kritis.

Published

2024-04-30 — Updated on 2024-08-08

Versions

How to Cite

Rahayu, B. M. ., Nuraini, H., Hidayat, S. ., & Asmawati, L. . (2024). INTEGRASI PENGAPLIKASIAN TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT-BASED LEARNING) . JIPIS, 33(1), 55–62. https://doi.org/10.33592/jipis.v33i1.4838 (Original work published April 30, 2024)

Issue

Section

Articles