PENGARUH LITERASI EKONOMI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF

Authors

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk megetahui pengaruh literasi ekonomi terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriftif dengan teknik analisis data regresi linier sederhana. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 114 orang yang diambil menggunakan propotional random sampling mahasiswa FKIP UNIS Tangerang dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat literasi ekonomi dan perilaku konsumtif  mahasiswa Pendidikan Ekonomi berada dalam kategori sedang atau cukup sebesar 60,0%. Adapun besarnya pengaruh variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y) adalah sebesar 32,7%, sedangkan selebihnya 67,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diikutsertakan pada penelitian ini.

Downloads

Published

2020-09-30

How to Cite

Syamiya, E. N. (2020). PENGARUH LITERASI EKONOMI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF. JIPIS, 29(2), 95–105. Retrieved from https://ejournal.unis.ac.id/index.php/JIPIS/article/view/763

Issue

Section

Articles