HUBUNGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MAHASISWA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DALAM PENDIDIKAN

Penulis

  • Imamudin Imamudin Universitas Bina Bangsa
  • Rizal Fahmi universitas islam syekh yusuf
  • Saepudin Universitas Bina Bangsa
  • Wawan Setiawardani STKIP Nahdlatul Ulama Indramayu

Abstrak

Pada era digital ini, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bukan hanya membawa perubahan dan kemudahan dalam tata cara kehidupan manusia, tetapi juga membawa perubahan pada pola pikir masyarakat saat ini. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mencari tahu hubungan kemampuan berpikir kritis pada mahasiswa melalui penggunaan media sosial dalam pendidikan. Berdasarkan penelitian-penelitian yang ada, sayangnya banyak anak muda terkhususnya mahasiswa masih menganggap remeh kebutuhan akan kemampuan pola pikir kritis. Metodologi dalam penelitian ini menggunakan studi kepustakaan atau studi literature. Sayangnya banyak anak muda terkhususnya mahasiswa masih menganggap remeh kebutuhan akan kemampuan pola pikir kritis. Hasil penelitian memastikan bahwa kemampuan berpikir kritis pada mahasiswa melalui penggunaan media sosial dalam pendidikan ini memiliki hubungan yang erat serta diperlukan pula support system yang bisa memberikan dorongan dan motivasi untuk mengejar keinginan dan memiliki kemampuan yang diinginkan.

Referensi

Ainiyah, N. (2018). Remaja Millenial dan Media Sosial: Media Sosial Sebagai Media Informasi Pendidikan Bagi Remaja Millenial. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2(2), 221-236. doi: https://doi.org/10.35316/jpii.v2i2.76.

Cottrel, S. (2017). Critical Thinking Skills: Effective Analysis, Argument and Reflection. London: Palgrave.

Darma, Y., Susiaty, U. D., & Fitriawan, D. (2018). Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran pada Mahasiswa Calon Guru Matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 3(2) 110–115. https://doi.org/10.30998/sap.v3i2.3029

Eka Yan Fitri, M., & Chairoel, L. (2019). Penggunaan Media Sosial Berdasarkan Gender Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Benefita, 1(1), 162. https://doi.org/10.22216/jbe.v 1i1.3849

Ferlitasari, R., Suhandi, & Rosana, E. (2020). Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Perilaku KEeagamaan Remaja (Studi Pada Rohis di SMA Perintis 1 Bandar Lampung). Sosiologi Agama, 01(02), 1–18. http://ejournal.radenintan.ac.i d/index.php/sr

Ghofur, A. (2018). Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa melalui Pendekatan 5e dan Sets Berbantu Aplikasi Media Sosial. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 4(2) doi: https://doi.org/10.22219/jinop .v4i2.6678

Gunawan, I., Sari, D. M., Agustian, S., Marwiyah, S., Danar, N., Sa, M., Nafi, B., Nikmatasari, L., Fi, H., Istirohah, T., Lely, I. F., Ratnasari, D. P., Adib, M., Y, D. R., Ridwan, A., Chotimah, D. K., Labibah, Q., Sari, A. R., D, D. G.,Sari, A.(2017).UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Hamzah, A. (2015). Pola Penggunaan Situs Jejaring Sosial sebagai Media Pembelajaran untuk Mahasiswa. Teknoin Jurnal Teknologi Industri,21(4), 167 177. doi: https://doi.org/10.20885/. v21i4.4202

Hidayah, R., Salimi, M., & Susiani, T. S. (2017). Critical Thinking Skill: Konsep dan Indikator Penilaian. Jurnal Taman Cendekia, 1(2),127 133. doi: http://dx.doi.org/10.30738/tc. v1i2.1945

Hulukati, W., & Djibran, M. R. (2018). Analisis Tugas Perkembangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling: Teori Dan Praktik), 2(1), 73. https://doi.org/10.26740/bikot etik.v2n1.p73-80

Julianto, C. D. (2019). Peningkatan Kemampuan Mahasiswa Memahami Struktur Wacana melalui Metode Analisis Wacana Kritis Berbasis Literasi Media Sosial. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(1). doi: http://dx.doi.org/10.33603/de iksis.v6i1.1905

Kartikawati, S., & Pratama, H. (2017). Pengaruh PenggunaaN WhatsApp Messenger sebagai Mobile Learning Terintegrasi Metode Group Investigation terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(2), 33 38. doi: http://doi.org/10.25273/jupite r.v2i2.1797

Nadeak, B., Juwita, C. P., & Sormin, E. (2020). Hubungan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa dengan Penggunaan Media Sosial terhadap Capaian Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. IICET: Jurnal Konseling dan Pendidikan, 8(2), 98 104. doi:https://doi.org/10.29210/146 600

Reflianto, & Syamsuar. (2018). Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2), 113.

Reychav, I., Warkentin, M., & McHaney, R. (2015). Exploring Effects of Media Type and Delivery Technology on Facilitating Critical Thinking Among College Students. Journal of Educational Technology Systems, 44(1), 22 35. doi: http://dx.doi.org/10.1177/004 7239515598506

Rosalina, R., Auzar, H. (2020). JURNAL TUAH.2(1), 77–84. Setiawardani, W., & Robandi, B. (2021). CRITICAL PEDAGOGY IN THE ERA OF THE INDUSTRIAL REVOLUTION 4.0 TO IMPROVE DIGITAL LITERACY STUDENTS WELCOMING SOCIETY 5.0 IN INDONESIA. PrimaryEdu-Journal of Primary Education, 5(1), 107-118.

Sihotang, Kasdin. (2019). Berpikir Kritis: Kecakapan Hidup di Era Digital. Yogyakarta: PT Kanisius Sinprakon, S., & Songkram, N. A Proposed Model of Problem-based Learning on Social Media in Cooperation with Searching Technique to Enhance Critical Thinking of Undergraduate Students. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 174, 2027 2030. doi: https://doi.org/10.1016/j.sbsp ro.2015.01.871.

Suparya, I. K. (2020). Peningkatan Motivasi dan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Edmodo. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 7(1), 1 12. doi: https://doi.org/10.38048/jipcb.v7i1.63

Tathahira, T. (2020). Promoting Students Critical Thinking through Online Learning in Higher Education: Challenges and Strategies. Englisia: Journal of Language, Education, and Humanities, 8(1), 79 92. doi: https://doi.org/10.22373/ej.v8 i1.6636

Utomo, S. W., & Wihartanti, L. V. (2019). Penerapan Strategi Blended Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Era Revolusi Industri 4.0. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1), 30 44. doi: http://dx.doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n1.p30--44

Winoto, Y. C., & Prasetyo, T. (2020). Efektivitas Model Problem Based Learning Dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 228–238. https://doi.org/10.31004/basic edu.v4i2.348

Zainudin, Z., & Pambudi, B. (2019). Efektifitas Penerapan Perangkat Pembelajaran Fisika Dasar Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis Menggunakan Aplikasi Edmodo Berplatform Android. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 7(1), 17 26. doi: https://doi.org/10.33394/j-ps.v0i0.1039

Zakiah, L. (2019). Berpikir Kritis dalam Konteks Pembelajaran. Bogor: Erzatama Karya Abadi.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-10-31

Cara Mengutip

Imamudin, I., Fahmi, R., Saepudin, & Setiawardani, W. (2023). HUBUNGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MAHASISWA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DALAM PENDIDIKAN. JIPIS, 32(2), 110–119. Diambil dari https://ejournal.unis.ac.id/index.php/JIPIS/article/view/4558

Terbitan

Bagian

Articles