PENGARUH PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN, MOTIVASI BERWIRAUSAHA, DAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.33592/jipis.v31i2.3251Abstract
Kewirausahaan merupakan salah satu kegiatan yang menjadi perhatian penting, sebab dapat mengembangkan pertumbuhan sosio-ekonomi suatu negara dan dapat mengurangi jumlah pengangguran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui bagaimana pengaruh secara parsial pembelajaran kewirausahaan, motivasi berwirausaha, dan penggunaan media sosial terhadap minat berwirausaha mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah 227 mahasiswa FKIP UNIS Tangerang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling dengan jumlah 145 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yaitu berupa angket melalui Google Form dan wawancara. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda dengan bantuan aplikasi SPSS versi 26.0. Adapun hasil penelitian hipotesis pertama dari hasil uji t menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa. Hipotesis kedua menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan motivasi berwirausaha terhadap minat berwirausaha mahasiswa. Hipotesis ketiga menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media sosial terhadap minat berwirausaha mahasiswa.
Kata Kunci: Pembelajaran Kewirausahaan, Motivasi Berwirausaha, Penggunaan Media Sosial, Minat Berwirausaha.